Sukses

Parenting

4 Tips Mengajarkan Anak Berbagi dengan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Mengajarkan anak untuk membagikan sesuatu yang mereka miliki mungkin tampak sulit bagi sebagian orangtua. Namun, ini bisa dilakukan, dengan mengajarkan anak berbagi kepada orang lain sejak dini. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengajarkan anak berabagi kepada orang lain.

Berikan Contoh yang Baik

Jika para orangtua menginginkan anak prasekolah belajar berbagi, maka Mom harus bisa berbagi dengannya. Misalnya, jika Mom memiliki camilan, tawarkan padanya. Berikan contoh kepada anak tentang berbagi. Ini akan menumbuhkan perilaku anak mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya.

Pastikan Anak Mengerti Tentang Berbagi

Pastikan anak mengerti bahwa ketika mereka berbagi mainan dengan seseorang, mereka tidak dapat menyimpannya selamanya. Jika tidak ingin memberikan boneka kesayangan, setidaknya ajarkan anak untuk meminjamkan barang yang mereka miliki kepada orang lain.

 

Manfaatkan Peluang Mengajar

Kadang-kadang Mom bisa mengalami kesulitan ketika anak lain tidak mau berbagi sesuatu dengan si kecil. Tetapi itu bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk mengajarkan anak. Mintalah anak menempatkan dirinya pada posisi temannya untuk mencari tahu mengapa temannya tidak mau berbagi.

Bersabar

Waktu adalah penyeimbang yang hebat. Ketika si kecil mengembangkan keterampilan sosial dan menjalin pertemanan, ia akan segera menyadari bahwa berbagi itu menyenangkan dan bahwa berbain dengan boneka favoritnya dengan teman jauh lebih baik daripada bermain sendirian.

Mengajarkan anak untuk berbagi kepada orang lain dapat dilakukan sejak dini. Perilaku ini lambat laun akan berkembang seiring bertambahnya usia si kecil.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading