Sukses

Parenting

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak dari Obat Alami hingga Medis

Fimela.com, Jakarta Sakit perut pada anak lumrah terjadi karena sistem pencernaan yang belum cukup kuat. Penyebab sakit perut pun bermacam-macam, misalnya sembelit, kembung, alergi susu sapi, kolik, hingga penyumbatan usus. 

Ada beberapa gejala yang bisa diketahui jika si kecil mengalami sakit perut, seperti rewel, sulit tidur dan makan, menangis tidak seperti biasanya, diare, muntah, sulit untuk diam seperti menggeliat.

Jika melihat tanda-tanda tersebut orangtua dapat mengatasi anak sakit perut dengan berbagai cara. Seperti di bawah ini.

 

1. Kompres perut dengan handuk hangat

Gunakan handuk bersih untuk mengompres. Bisa juga kenakan kantung air yang berisi air hangat untuk dikompres pada perut. Perhatikan air kompres agar tidak terlalu panas.

2. Pepaya

Pepaya memiliki enzim papain dan chymopapapin untuk menurunkan keasaman dalam perut dan memecah protein. Sehingga pepaya kerap digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan.

3. Yogurt

Yogurt menjadi makanan yang mengandung probiotik tinggi. Ia merupakan bakteri baik untuk meringankan gangguan pencernaan dan kembung pada perut. Anak bisa diberikan yogurt tawar sebagai penanganan sakit perut.

4. Teh hangat

Berikan anak teh hangat tanpa gula, jika bisa berikan teh chamomile.

5. Air jahe

Dalam jahe terkandung gingerol dan antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi mual, dan ketidaknyamanan karena sifat anti-inflamasinya bekerja meningkatkan cairan pencernaan, dan menetralkan asam lambung.

Selain bahan alami, bisa juga mengonsumis obat medis seperti di bawah ini melansir alodokter. 

 

1. Antinyeri

Pemberian obat antinyeri, seperti paracetamol. Namun, obat sakit perut jenis ini tidak boleh digunakan jika anak memiliki gangguan ginjal, hati, atau memiliki alergi obat paracetamol.

Selain itu, sebaiknya tidak memberikan Si Kecil obat antinyeri jenis lain, seperti aspirin dan ibuprofen, karena bisa menyebabkan efek samping.

2. Antidiare

Sakit perut anak sering kali muncul bersamaan dengan gangguan pencernaan lain, seperti diare, perut kembung, dan mual.

Untuk mencegah dehidrasi dan meringankan gejala diarenya, cukup makan dan minum. Saat Si Kecil muntah atau BAB,  perlu memberikannya minuman elektrolit atau oralit untuk mengganti cairan tubuh dan elektrolit yang terbuang.

Pemberian obat antidiare, seperti loperamide, juga dapat dilakukan untuk meredakan keluhan Si Kecil. Namun, pemberian obat ini harus sesuai anjuran dan resep dokter.

3. Probiotik

Menangani sakit perut anak juga bisa dilakukan dengan memberikan suplemen probiotik.

Suplemen ini dapat digunakan untuk meringankan gejala sakit perut yang disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan, mulai dari maag, radang usus, irritable bowel syndrome, dan sembelit.

 

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading