Sukses

Parenting

5 Kebiasaan Unik yang Menandakan Anak Punya IQ Tinggi

Fimela.com, Jakarta Anak-anak sebenarnya sudah bisa menunjukkan kecerdasan otak tingkat tinggi bahkan sejak usia dini. Orangtua hanya perlu mengamati apa saja yang suka dilakukan anak sehingga tahu bahwa anak memiliki potensi IQ tinggi ketika sudah dewasa. Tentu kecerdasan otak setiap anak berbeda-beda, dan kita tidak bisa selalu menghakimi kecerdasan mana yang paling baik. Namun jika mencoba melihat tanda-tandanya, ini sekian kebiasaan unik yang menandakan anak memiliki IQ tinggi.

1. Suka menyendiri

Anak-anak yang memiliki IQ tinggi memiliki kebiasaan suka menyendiri atau asik melakukan apa pun sendiri. Jika ia terlihat menikmati waktunya saat sendirian dengan melakukan berbagai kegiatan yang ia sukai, itu bagus. Moms tidak perlu khawatir ia menjadi penyendiri, selama momen sendiri itu bukan karena minder atau ada masalah lain yang membuatnya tidak nyaman.

2. Banyak bertanya

Anak cerdas umumnya punya keingintahuan besar tentang banyak hal. Apa pun yang ia lihat bisa menjadi pertanyaan yang menggelitik di kepalanya. Sebisa mungkin fasilitasi anak dengan banyak buku bacaan, atau orangtua dituntut untuk belajar banyak tentang hal-hal di lingkungan sekitar sehingga anak mendapatkan pengetahuan dan informasi yang lebih baik dan kredibel. Jangan sampai mematahkan semangat dan keinginan anak untuk belajar dengan mengatakan "tidak tahu" atau "jangan banyak tanya".

3. Suka berteman dengan orang yang lebih tua

Kebiasaan unik yang membuat anak IQ tinggi berbeda dengan anak seusianya adalah kecenderungannya untuk berkumpul dengan anak-anak yang usianya lebih tua atau nyaman berinteraksi dengan orang dewasa. Bukan karena tidak ada pilihan atau tidak ada anak-anak seusianya di lingkungan tempat tinggalnya, tapi justru karena ia memilih sendiri karena merasa bisa mendapatkan pengalaman lebih seru dan pengetahuan lebih banyak.

4. Tidak suka menunda-nunda

Anak dengan otak cerdas umumnya suka melakukan segalanya dengan cepat. Di usianya, anak-anak memiliki banyak energi untuk dihabiskan dan memicu rasa ingin tahunya. Anak-anak cerdas tidak akan suka bermalas-malasan dan menunda pekerjaan. Ia terdorong untuk selalu aktif melakukan sesuatu, justru inilah tanda kecerdasan otak yang tinggi. Biasanya anak-anak menunda atau menghindari melakukan sesuatu karena ia tidak suka, tugas itu tampak terlalu sulit atau tak tahu harus mulai dari mana. Anak IQ tinggi berbeda, ia mulai dulu untuk mengetahui seberapa menantang tugas itu untuk dikerjakan.

5. Menyukai kesenian

Anak IQ tinggi juga seringkali menunjukkan ketertarikan pada bidang kesenian, entah itu menggambar, mewarnai, melukis, mendengarkan musik, memainkan alat musik, bernyanyi, menari atau bahkan menulis. Anak cerdas seringkali suka menulis buku harian sejak kecil. Jika anak menyukai semua hal yang melibatkan kemampuan artistik, itu adalah tanda kecerdasan otak yang berkembang lebih baik dari biasanya.

Jadi jika Moms sekiranya menemukan semua kebiasaan di atas pada diri anak, kemungkinan besar itu adalah tanda anak memiliki IQ tinggi.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading