Aplikasi Whatsapp Singkirkan Blackberry?

Syarahsmanda Sugiartoputri's picture
Publish Date: 
Wed, 03/21/2012 - 11:00
Taxonomy upgrade extras: 

Dengan tingkat mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, fasilitas mobile chatting menjadi semakin penting keberadaannya. Yahoo Messenger, GTalk, MSN, dan kini Blackberry Messenger (BBM) sangat penting untuk dimiliki. Kini, muncul aplikasi chatting baru yang juga mulai heboh di kalangan masyarakat, ‘Whatsapp’. Mungkinkah ‘Whatsapp’ perlahan singkirkan Blackberry dengan fitur BBM-nya?

Mungkinkah aplikasi Whatsapp singkirkan Blackberry?

Sekarang ini aplikasi chatting tidak hanya digunakan untuk mengobrol dengan sesama teman, tetapi juga sudah dimanfaatkan untuk pekerjaan. ‘Tektok’ pekerjaan rasanya akan lebih cepat dan lancar jika menggunakan aplikasi chatting dibandingkan harus mengangkat telepon. Dan dengan semakin berkembangnya teknologi, aplikasi chatting pun kini tersedia dalam ponsel kita. Saat ini, salah satu fasilitas chatting yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah fasilitas BBM yang ada pada Blackberry. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna Blackberry terbesar.

Kini muncul aplikasi chatting yang bisa menghubungkan semua pengguna smartphone, ‘Whatsapp’. Aplikasi ini bisa digunakan oleh pengguna Blackberry, ponsel berbasis android, symbian, dan juga iOs. Bahkan, banyak juga pengguna Blackberry yang justru lebih sering menggunakan aplikasi ‘Whatsapp’ sebagai fasilitas chatting. Menurut kamu, mungkinkah perlahan Blackberry akan tersingkir karena hadirnya 'Whatsapp'?

Comments

Ayu Dwikaningrum1160's picture

I'm no longer using blackberry and it felt much much better.
I'm using whatsapp!

Harsi mahanani4113's picture

Sepertinya, kalo tersingkir sih tidak yah, mereka punya kamar masing2, karna di indonesia lebih andalkan paket blackberry ketimbang pilihan paket yg lain, meski paket yg lain seoerti android,google talk ato yg lain juga sdh banyak pemakainya,tp peran blackberry messenger tetep menjadi pilihan buat masyarakat pada umumnya,

Thea Ilona6368's picture

Menurutku iya. Blackberry dianggap sebagai smartphone pertama (yang paling booming) karena fitur BBM-nya. Masyarakat sudah lebih teredukasi bahwa dengan adanya koneksi internet yang ditawarkan oleh semua provider Indonesia, memungkinkan untuk mengguakan aplikasi & handphone jenis lain untuk chatting.

Aplikasi lain seperti KakaoTalk, Line & Whatsapp menurutku memiliki emoticon yang jauh lebih menarik. Blackberry adalah smartphone untuk para pebisnis yang kemungkinan besar tidak banyak mendengarkan musik, chatting atau bermain game. Konsumen seperti remaja, pasti akan cenderung memilih handphone lain yang lebih "smart" karena dapat digunakan (atau lebih mudah) untuk mendengarkan musik, chatting, foto, bermain game, browsing dll.