Lifestyle & Relationship

“Bye Bye Big”, Selamat Tinggal Kegemukan!

By Iera Sipahutar   -   9 August 2011

Maraknya informasi mengenai hidup sehat di media massa menyebabkan masyarakat mulai memahami dampak buruk dari obesitas/kelebihan berat badan. Oleh sebab itu mereka mulai  mengambil langkah-langkah pencegahan dengan menjalani gaya hidup sehat, dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan dibantu dengan obat anti obesitas.  Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang belum menerapkan penurunan berat badan dengan cara yang sehat dan efektif, dimana beberapa diantara mereka akan mengalami efek ‘yo-yo’ atau bahkan ada yang sampai berdampak buruk pada kesehatan.

PT Roche Indonesia

Berdasarkan dari fenomena tersebut dan sebagai salah satu kegiatan dari kompetisi “Bye Bye Big”, PT. Roche Indonesia mengadakan health talk mengenai “Cara Sehat dan Efektif Menurunkan Berat Badan.”

dr. Predy Setiawan, Head of Medical Management PT Roche Indonesia, mengatakan, “Roche sebagai perusahaan farmasi yang terdepan dalam penatalaksanaan obesitas di Indonesia, memiliki komitmen untuk senantiasa memberikan edukasi dalam penatalaksanaan obesitas. Salah satunya adalah melalui kampanye ‘Bye Bye Big’, yaitu program penurunan berat badan secara holistik yang aman dan efektif untuk menurunkan berat badan.”

Senada dengan  Dr. Predy di atas, Dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, mengatakan, ”Banyak sekali metode menurunkan berat badan yang ditawarkan kepada masyarakat, namun program menurunkan berat badan yang efektif dan aman  adalah pendekatan secara holistic dan di bawah supervisi dokter. Program tersebut merupakan kombinasi diet seimbang rendah lemak dan rendah kalori, olahraga teratur, perubahan gaya hidup, dan penggunaan obat yang efektif dan aman.”

Pada kesempatan yang sama, Roche mengundang 10 finalis untuk berbagi kisah perjalanan mereka mengikuti program “Bye Bye Big”. Prilly Victorini Latief, salah satu finalis, mengatakan, ”Tidak terasa kami sudah menjalani program ini selama 8 minggu, dan saya berhasil turun sampai dengan 11 kg.  Kini saya merasa lebih fit dan bugar.”

Uniknya, para finalis “Bye Bye Big” tidak menjalani proses karantina dan mereka diberikan kebebasan untuk beraktifitas. Kesuksesan mereka untuk jadi pemenang pun ada di tangan masing-masing finalis.

’Bye Bye Big’ kali ini tidak menerapkan karantina karena kami ingin memberikan edukasi pada masyarakat, bahwa menurunkan berat badan bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja, tanpa harus terisolasi atau dikarantina. Para peserta berasal dari latar belakang yang berbeda seperti wanita karir, mahasiswa, atau ibu rumah tangga. Mereka bisa memberi contoh bahwa kesibukan dan pekerjaan mereka tak menghalangi upaya untuk memiliki tubuh yang sehat,” ujar Predy.

Bye Bye Big

“Bye Bye Big” diadopsi dari Program Penurunan Berat Badan (Weight Management Program – WMP) yang dimiliki dan dikembangkan oleh PT Roche Indonesia sejak tahun 2000, yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang memiliki masalah obesitas dan kelebihan berat badan untuk menurunkan berat badan dengan cara sehat. Salah satu bentuk kegiatan rutin edukasi masyarakat adalah diselenggarakannya berbagai kompetisi penurunan berat badan yang telah berlangsung sejak 2003 baik untuk masyarakat luas, wartawan, karyawan di berbagai perusahaan dan di antara karyawan Roche sendiri melalui program Roche Against Obesity Amongst Employees.

Pada tahun 2009, Roche mengadopsi program tersebut ke dalam bentuk reality show “Bye Bye Big” di televisi dimana terdapat sepuluh kontestan yang berkompetisi untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan aman.

Obesitas dan Penatalaksanaan Berat Badan

WHO menyatakan, 1 milyar orang dewasa di dunia mengalami kelebihan berat badan dan paling sedikit 300 juta dari mereka obesitas. Obesitas dan kelebihan berat badan merupakan faktor risiko penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, hipertensi dan stroke, dan beberapa jenis kanker.

Roche telah mengembangkan Program Penurunan Berat Badan sejak 10 tahun yang lalu untuk membantu praktisi kesehatan profesional dalam menangani pasiennya. Program ini bertujuan untuk membantu pasien dalam menetapkan dan mencapai hasil penurunan berat badan yang realistis dengan mengatur pola makan dan perilaku dalam jangka panjang.  Program ini dibuat unik dan disesuaikan bagi setiap individu untuk membantu mencapai penurunan berat badan dan mempertahankan penurunan berat badan tersebut, dengan kebiasaan makan sehat, aktivitas fisik, perubahan perilaku, dan farmakoterapi jika diperlukan.

Roche menyediakan Program Penurunan Berat Badan secara gratis di berbagai negara termasuk Indonesia untuk membantu individu yang diresepkan Orlistat 120 mg oleh dokter.   Nomor bebas pulsa untuk Program Penurunan Berat Badan Indonesia adalah: 0-800-1-111-999 atau (021) 514-00128 yang dapat dihubungi pada hari dan jam kerja, Senin – Jumat, 08.00 – 17.00.  Tersedia juga layanan website www.obesitas.web.id sebagai pusat informasi untuk pasien, masyarakat awam, ataupun professional di bidang kesehatan. Data terakhir menunjukkan bahwa pasien yang bergabung dalam Program Penurunan Berat Badan secara signifikan dapat meningkatkan hasil penurunan berat badan dan meningkatkan kepuasan dan kepatuhan terapi.

What do you think?

Write Your Comment

Articles you might be interested in

You don't want to Miss