Lifestyle & Relationship

Menu Wajib Saat Tahun Baru Cina

By Syarahsmanda Sugiartoputri   -   13 January 2012

Tahun Baru Cina atau yang biasa kita kenal dengan Imlek, kini sudah umum dirayakan di Indonesia. Sejak Gusdur memegang tampuk kepemimpinan, perayaan Imlek di Indonesia pun mulai bisa dirayakan secara terbuka. Nah, buat kamu yang merayakan Imlek, rayakan malam pergantian Tahun Kelinci Emas menuju Tahun Naga Air dengan makan malam bersama keluarga.

Di Tanah Air, secara keseluruhan masyarakat  tiga kali meramaikan perayaan Tahun Baru, Tahun Baru Masehi, Tahun Baru Islam, dan Tahun Baru Cina. Masing-masing perayaan Tahun Baru memiliki ciri khas tersendiri. Namun, keriaan setiap perayaan Tahun Baru selalu dinantikan oleh setiap orang yang merayakan.

Tahun Baru Cina mulai ramai dirayakan terbuka di Indonesia sejak Pemerintahan Presiden Gusdur memberikan kebebasan bagi masyarakat Tionghoa untuk merayakan Imlek. Terlebih, saat Gusdur mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 19/2001 yang menyatakan Tahun Baru Cina sebagai hari libur Nasional. Di Indonesia, perayaan Tahun Baru Cina hanya terpusat di tempat-tempat tertentu, seperti perkampungan yang dipenuhi oleh masyarakat keturunan. Di Jakarta, biasanya pusat perayaan Tahun Baru Cina akan ramai di daerah Glodok, tepatnya di Pasar Petak Sembilan.

Tahun Baru Cina Naga AirBuat kamu yang tinggal di Jakarta dan ingin merasakan keriaan Imlek, kamu bisa menyambangi pasar yang terdapat di seberang toko elektronik Glodok ini. Dominasi warna merah, barongsai, jeruk emas, angpao, dan lampion pastinya akan memenuhi setiap sudut Pasar Petak Sembilan.

Pages

What do you think?

Write Your Comment

Articles you might be interested in

You don't want to Miss

Valentine sudah dekat, sudah cari hadiah manis untuk pasangan?
Desain interior dengan sentuhan batik, memberikan warna baru dalam rumahmu.
Yuk, tenangkan diri sejenak dari rutinitas Jakarta di Kota Solo.