Lifestyle & Relationship

Selain Matikan Lampu, Apalagi yang Bisa Dilakukan Saat Earth Hour?

By Stanley Dirgapradja   -   30 March 2012

Jakarta sudah pasti akan gelap sesaat besok, apalagi di beberapa ikon kota, dan kantor-kantor besar. 26 Kota lain di Indonesia juga berpartisipasi. Selain itu keseruan lain apa untuk Earth Hour tahun ini?

earthhourjakartaIngat betapa panasnya Jakarta minggu lalu? Itu barangkali salah satu bukti bagi kita penduduk kota ini (dan juga dunia) untuk segera bangkit dari ketidakperdulian kita bahwa dunia makin panas. Pemanasan global bukan lagi topik-topik pembicaraan sambil lalu yang kita jadikan bahan bercandaan. Pemanasan global harus kita tindak lanjuti dengan serius.

Peringatan Earth Hour ke-empat tahun ini (Indonesia memulai kegiatan ini sejak tahun 2008) adalah langkah serius dan nyata untuk menjadikan hemat energi dan ramah lingkungan sebagai gaya hidup penduduk urban.

What is the fun stuff that we can check out this year? Kami punya daftarnya.

 

1. Kampanye Earth Hour Nadya Hutagalung

Melalui akun twitternya @Nadya_Hutagalng selebriti yang getol kampanyekan gaya hidup hijau dan organik ini mengajak para followers-nya selain untuk mematikan lampu saat Earth Hour besok, juga menantang mereka untuk menyingkirkan plastik belanja dari keseharian mereka. Bila selama setahun penuh followers menyanggupi tantangan itu, Nadya menyanggupi untuk berenang (di dalam kerangkeng) bersama hiu putih. Wow!

 

2. Bersepeda masal

Malam ini mereka yang memilih sepeda sebagai bagian dari gaya hidup (pengendara sepeda) akan berkumpul untuk bersepeda bersama. Gerakan yang disebut Indonesia Critical Mass 2012 akan dimulai pukul 20.00 WIB dan diadakan di 24 kota seluruh Indonesia. Gerakan ini diakui sebagai aksi ‘kecil’ untuk mendukung Earth Hour yang akan dilaksanakan besok. Untuk rute yang akan dilalui Indonesia Critical Mass 2012 ini bisa dicek melalui timeline akun @ID_Fixed yang menggaungkan aktivitas ini.

 

3. Puncak acara Earth Hour di Central Park

Puncak Acara Earth Hour Indonesia sendiri akan dipusatkan di Jakarta dengan dua titik yang menjadi tempat pelaksanaan. Kegiatan utama akan mengambil tempat di Central Park Mall di mana Gubernur DKI Fauzi Bowo dipastikan akan hadir dan membuka acara tersebut. Titi Dj juga akan hadir sebagai salah satu penyanyi yang akan menyemarakkan puncak acara Earth Hour di Jakarta. Titi sudah mengajak followers-nya di twitter untuk meng-upload foto kegiatan ‘hijau’ mereka dalam rangka Earth Hour ini. 50 orang pertama yang meng-upload foto aksi hijau mereka bisa berfoto bersama Titi besok malam di Central Park. Hal seru lain? Komunitas astronomi juga hadir di Central Park besok malam dan kamu bisa meminjam teleskop yang disediakan untuk melihat bintang. Seru kan?

 

4. Kegiatan Earth Hour di Bundaran Indonesia

Bila kamu berada di seputaran Jakarta Pusat, silahkan bergabung di Bundaran HI. Sebagai bagian dari peringatan Earth Hour beberapa komunitas masyarakat akan berkumpul di Bundaran HI. Selain itu juga akan ada atraksi-atraksi kesenian. Bisa dipastikan akan sangat fun, apalagi untuk great cause seperti ini. Join them!

 

5. Hotel Indonesia Kempinski Earth Hour Campaign

Hotel Indonesia Kempinski juga akan bergabung dengan kampanye dunia Earth Hour besok. Sebagai salah satu tujuan utama untuk menginap saat berlibur di Jakarta, Hotel Indonesia Kempinski mengimbau para tamu untuk mematikan lampu selama satu jam (20.30 – 21.30) dan menyibak tirai kamar untuk cahaya yang diperlukan. Way to go!

 

6. The Body Shop Earth Hour Campaign

Perusahaan kosmetik Internasional The Body Shop yang terkenal menggunakan bahan-bahan alami ini juga bergabung di kampanye Earth Hour 2012. Mereka yang berbelanja di Body Shop selama Earth Hour lalu meng-upload foto tersebut di twitter @TheBodyShopIndo akan mendapatkan bingkisan istimewa dari Body Shop.

 

7. Jakarta Selatan/Depok

Bila kamu berada di seputaran Jakarta Selatan atau akan berada di kawasan Margonda, Depok besok malam, bergabung aja di Mall Margo City bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia yang akan mengadakan acara Earth Hour di sana.

 

8. Entertainment in the dark

Beberapa tempat hiburan di Jakarta juga akan bergabung dalam kampanye Earth Hour ini. Mematikan lampu selama satu jam sementara aktivitas entertainment berjalan pasti memberikan nuansa dan suasana khusus ya. Tahun lalu beberapa café di daerah Kemang mengadakan acara musik akustik dalam gelap khusus untuk peringatan Earth Hour 2011. You might want to check back again this year! 18 juta orang lebih seluruh dunia bergabung dalam gaya hidup yang keren ini, daripada cuma ngomong let’s do something REAL!

What do you think?

Write Your Comment

Articles you might be interested in

You don't want to Miss

Kendurkan ketegangan dengan pijat aromaterapi.
Jaga pola makan dan tetap olahraga selama puasa.
Persiapan yang dilakukan menjelang sahur hari pertama? Apa yang harus dilakukan untuk mempermudah masak untuk sahur?