Lifestyle & Relationship

Lembut, Cepat, & Mematikan: 3 Jenis Bela Diri yang Cocok untuk Perempuan

By Syarahsmanda Sugiartoputri   -   26 November 2012

Kejahatan malam di taksi kembali menyerang? Ini sudah saatnya kamu untuk mengambil tindakan pencegahan dengan coba mempelajari bela diri yang efektif sebagai benteng pertahanan. Berikut rekomendasi bela diri yang bisa kamu coba sebagai bentuk self defense.

kapap krav magaKAPAP Krav Maga

Mungkin untuk sebagian orang nama bela diri ini masih cukup asing di telinga. Ya, KAPAP Krav Maga memang bela diri yang bukan berasal dari Indonesia dan juga diperkenalkan kepada umum sekitar 5 tahun lalu. Berbeda dari bela diri lain yang termasuk ke dalam jenis olahraga, KAPAP Krav Maga tidak bisa dikategorikan ke dalam olahraga. Mengapa? Karena KAPAP Krav Maga tidak mengenal aturan dalam bertarung.

KAPAP Krav Maga merupakan bela diri yang biasa digunakan oleh para tentara Israel dalam bertugas. Bela di ini sendiri sudah digunakan di Israel sejak tahun 1910. Di Indonesia, KAPAP Krav Maga dipopulerkan oleh Komando Indonesia. KAPAP Krav Maga merupakan suatu bentuk bela diri dan serangan berdasarkan keadaan nyata. Jadi, bela diri ini pas banget buat kita yang memang ingin belajar untuk mengantisipasi segala bentuk kejahatan.

KAPAP Krav Maga bertujuan menyiapkan para penggunanya untuk bisa menghadapi situasi terburuk, baik secara fisik maupun mental. Perkelahian dengan tangan kosong, menggunakan senjata, satu lawan satu, ataupun menghadapi gerombolan, semua teknik bela diri tersebut diajarkan oleh KAPAP Krav Maga. Dan KAPAP Krav Maga ini termasuk ke dalam salah satu bela diri mematikan di dunia. So, nggak ada salahnya kamu ikut menjajal bela diri yang satu ini.

KAPAP Krav Maga

Adria Fitness Center, Jln. Cempaka V No.35, Bintaro. Telp: 021-73690174/5

Elite Club Epicentrum, Komplek Rasuna Epicentrum, Kuningan. Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Phone: 021-526 3150


Aikido

Aikido merupakan salah satu martial art yang berasal dari Negeri Sakura. Aikido lahir sejak tahun 1900-an. Bela diri yang satu ini merupakan bela diri tradisional turun temurun dari salah satu kekaisaran Jepang. Dan saat ini, Aikido sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia, serta digunakan sebagai salah satu bela diri yang efektif untuk menghadapi serangan demi serangan dalam situasi yang tidak menguntungkan.

aikidoJika kamu sudah pernah melihat bela diri ini, Aikido merupakan bela diri yang terlihat nyaris tanpa kekerasan. Seolah ingin seirama dengan konsep ilmu ‘bela diri’ yang digunakan sebagai self defense, dalam Aikido pun kita nyaris sama sekali tidak diajarkan untuk menyerang lawan dengan kekerasan dan yang ada hanyalah membela diri dari serangan lawan.

Dalam bela diri ini, kita akan diajarkan bagaimana memanfaatkan energi lawan untuk melemahkan mereka. Bela diri ini cocok untuk kamu yang tidak menyukai kekerasan dan hanya ingin menyelamatkan diri dari serangan lawan, mengunci dan melempar lawan dengan menggunakan energi yang dikeluarkan oleh si penyerang. Tempat pelatihan Aikido sudah tersebar cukup banyak di Jakarta, jadi jika kamu ingin mencoba, kamu bisa menyambangi tempat latihan yang paling terjangkau.

Aikido Perguruan Indonesia

Jln. Nirbaya No. 19, Pinang Ranti, Jakarta Timur

Aikido Dojo Bulungan

GOR Bulungan dekat Blok M Plaza


kempoKempo

Seni bela diri lain yang juga masih berasal dari Jepang dan menekankan pada gerakan halus adalah Kempo. Awalnya, Kempo merupakan seni bela diri yang dipelajari oleh para Bhiksu. Karena erat dengan kepercayaan Budha maka layaknya Aikido, Kempo pun tidak mengajarkan para penggunanya untuk menyerang terlebih dulu.

Para kenshi (pengguna bela diri Kempo) dilarang untuk membunuh, menyakiti, dan menyerang lawan karena itulah bela diri ini lebih banyak menggunakan permainan tangan untuk bertahan. Prinsip ‘bertahan’ dan ‘bela diri’ sangat dipegang oleh olahraga yang banyak dipertandingkan secara nasional dan internasional ini. Namun, berbeda dengan Aikido yang sangat lembut dalam setiap gerakannya, Kempo lebih terlihat sebagai ‘bela diri’ karena gerakan-gerakan di dalamnya lebih ‘tegas’ dan ‘pasti’. Termasuk ke dalam salah satu cabang olimpiade, tempat latihan Kempo pun lebih mudah lagi untuk dijumpai.

Dojo Kempo Jakarta Pusat

PERTAMINA Pusat; Universitas Indonesia (UI); SMEAN 26;  Sekretariat Negara (SETNEG);             Departemen Kehutanan

Dojo Kempo Jakarta Selatan

Bulungan; Pannam/ Kemang; Pondok Ranji/SAMURAI; UNIKA Atma Jaya

What do you think?

Write Your Comment

Articles you might be interested in

You don't want to Miss

Makanan dan kestabilan emosi ternyata saling memengaruhi, Fimelova. Cek info kesehatan berikut ini!
Complicated! Menyangkut masalah kesehatan tubuh dan ekosistem.
Berencana menunda haid saat menunaikan ibadah Haji, Umrah dan Liburan? Wajib baca info kesehatan berikut ini!
Perempuan yang tinggal di kota besar, wajib tahu.