Sukses

Relationship

3 Masalah Emosional yang Diakibatkan dari Trauma Masa Lalu dalam Hubungan

Fimela.com, Jakarta Sangat mudah untuk membawa masalah dari satu hubungan ke hubungan berikutnya jika kamu memiliki hubungan yang sulit atau traumatis di masa lalu, atau bahkan hanya putus cinta yang buruk. Beban emosional adalah rasa sakit yang terpendam, kesedihan, kemarahan, dendam, ketakutan, sakit hati, dan perasaan menyakitkan lainnya.

Tentu ini akan memengaruhi hubungan yang baru atau bahkan membuatmu trauma dan menutup hatimu. Nah, berikut ini adalah beberapa tanda yang membantumu untuk menentukan apakah beban emosional dari hubungan masa lalu telah membebanimu hingga saat ini. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kurangnya Kepercayaan

Karena emosi yang belum diproses dari pengalaman sebelumnya, mempercayai orang adalah tantangan yang sangat sulit bagimu. Kamu percaya bahwa orang akan mengambil keuntungan darimu dan tidak akan pernah jujur ​​kepada kepadamu, sehingga kamu merasa sulit untuk berbagi perasaan, emosi, atau keinginanmu dengan siapa pun. Peristiwa kehidupan ini dapat menyebabkan stres, kecemasan, keraguan diri, dan kurangnya kepercayaan. Beberapa tanda klasik adalah meningkatnya ketergantungan, rasa tidak aman, masalah komitmen, dan ketidaktersediaan emosional.

2. Ketidakamanan

Salah satu tanda paling jelas dari beban emosional yang dalam adalah ketakutan bahwa setiap hubungan akan berakhir dengan rasa sakit atau bahwa kamu akan ditinggalkan sendirian. Semua orang takut ditinggalkan oleh seseorang yang mereka sayangi. Ketika kamu memberikan hatimu kepada seseorang, wajar jika kamu merasa rentan. Emosional, di sisi lain, dapat membuatmu percaya bahwa tidak ada yang cukup dapat dipercaya untuk benar-benar mencintaimu. Akibatnya, kamu mungkin akhirnya menyabotase hubunganmu sendiri.

3. Membentuk Hubungan Seperti Masa Lalu

Beberapa orang membawa begitu banyak beban dari seorang mantan sehingga mereka mulai mencoba membentuk hubungan mereka saat ini agar menyerupai hubungan mereka sebelumnya, seringkali tanpa menyadarinya. Jika kamu terus-menerus membandingkan hubunganmu saat ini dengan yang sebelumnya atau berharap pasanganmu saat ini lebih seperti yang sebelumnya, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu belum move on dari beban hubungan sebelumnya.

Tidak apa-apa jika kamu menyadari bahwa kamu memiliki masalah dari hubungan sebelumnya, kebanyakan dari kita melakukannya. Ambil napas dalam-dalam dan pertimbangkan apakah sudah waktunya untuk mengatasinya. Bicaralah dengan pasangan, teman, atau terapis.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading