Sukses

Relationship

7 Ciri-Ciri Hubungan Toxic yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Di zaman modern ini, sering kali kita menemukan istilah toxic relationship atau hubungan beracun, baik di dunia nyata atau di media sosial. Kata toxic ini berasal dari kata bahasa Inggris yang memiliki arti racun. Sedangkan istilah toxic relationship digunakan untuk menilai hubungan yang memiliki sifat negatif.

Hubungan toxic ini harus diwaspadai. Sama seperti racun, hubungan toxic bisa membuat hati tersakiti dan bisa merugikan, baik secara emosional maupun secara fisik bagi orang yang menjalani hubungan tersebut. Bahkan menjalani hubungan toxic dengan pasangan, juga bisa mengganggu hidup orang lain.

Hubungan toxic akan membuat suasana menjadi tidak menyenangkan dan bisa menyebabkan pertengkaran. Sifat toxic ini sangat berbahaya dan harus dihindari. Berikut ciri-ciri hubungan toxic:

Ciri-Ciri Hubungan Toxic

1. Suka Merendahkan Pasangan

Ciri-ciri hubungan toxic yang pertama adalah suka merendahkan pasangan. Walaupun sudah berusaha keras menjadi baik, tetapi pasanganmu akan selalu memandang rendah dirimu. Pasangan yang toxic akan selalu berusaha menjatuhkan semangat dan rasa kepercayaan dirimu dengan kata-kata negatif.

2. Memiliki Sifat Egois

Pasangan yang memiliki sifat egois bisa menyebabkan hubungan menjadi toxic. Ia akan melakukan hal yang membuat dirinya senang, tanpa memikirkan perasaanmu. Bahkan sering kali ia akan memutuskan sesuatu terlebih dahulu, tanpa mendiskusikannya padamu.

3. Menghilang Tanpa Alasan

Ghosting adalah sifat menghilang tanpa alasan yang bisa dilakukan oleh pasangan yang memiliki sifat toxic. Pasangan akan terus memberikan janji-janji manis, tetapi tidak pernah melakukan tindakan nyata. Jika dijagih janjinya, maka ia akan menghilang begitu saja, tanpa memberikan alasan yang jelas dan sangat susah untuk dihubungi.

Ciri-Ciri Hubungan Toxic

4. Senang Memanipulasi

Pasangan yang ada di dalam hubungan toxic, akan senang memanipulasi dan membuatmu harus menuruti semua keinginannya. Ia akan terus mengontrolmu, agar menuruti atau melakukan hal yang ia inginkan. Jika tidak dilakukan, maka ia akan menyalahkanmu dan terus memberikan janji-janji.

5. Suka Melarang

Dalam hubungan, ada batasan tertentu untuk melarang pasangan melakukan suatu hal. Namun, orang yang toxic akan melarang pasangannya melakukan hal-hal yang tidak masuk akal. Contohnya, ia tidak akan membolehkan pasangan memiliki teman lawan jenis, melarang pasangannya menyimpan nomor lawan jenis, hingga melarang pasangannya melakukan hobinya.

Ciri-Ciri Hubungan Toxic

6. Sering Curiga

Sikap curiga bisa membuat hubungan menjadi toxic. Sebuah kepercayaan dan komunikasi harus terbangun dalam hubungan agar harmonis. Jika sering kali dicurigai oleh pasangan, maka akan membuatmu menjadi tidak nyaman melakukan aktivitas. Contohnya, pasangan terus menerus curiga bahwa kamu selingkuh, karena terlambat membalas pesannya. Padahal kamu sedang diperjalanan dan tidak bisa membuka handphone.

7. Tidak Mau Minta Maaf

Ciri-ciri yang terakhir adalah tidak mau minta maaf. Pasangan akan terus menerus menyalahkanmu dan membuatmu terintimidasi. Walaupun orang tersebut bersalah, ia akan menganggap kesalahan tersebut disebabkan karena kesalahanmu. Kesalahan tersebut akan selalu diungkit di kemudian hari dan membuatmu meminta maaf berulang kali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading