KAPANLAGI NETWORK
MORE

3 Minuman Fermentasi Ini Banyak Diincar untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

Jumat, 12 Januari 2018 13:00 Oleh: Monica Dian

Penggemar gaya hidup sehat, tentu harus mencoba minuman fermentasi berikut yang manfaatnya tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan kulit.

Kita semua tahu perawatan kulit yang ideal adalah dari dalam dan luar. Tidak sekadar pakai produk skincare, tapi juga harus dibarengi dengan konsumsi makanan sehat. Pada dasarnya, makanan sehat punya tiga manfaat sekaligus; kesehatan tubuh, menjaga bentuk tubuh, dan merawat kesehatan kulit. Sayur dan buah, sudah pasti. Lebih dari itu, bisa coba beberapa bahan makanan berikut yang sepertinya tengah jadi bagian dari gaya hidup yang digemari. Anyway, bahan makanan ini juga bagus dijadikan perawatan alami dari luar.

Apple Cider Vinegar

Berdasarkan pengalaman mereka yang rutin minum cuka apel, khasiat yang mereka rasakan adalah tubuh jadi lebih prima dan jarang sakit. Tentu, itu berkat kandungan enzim dan mineral yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Selain diminum, cuka apel bisa dijadikan pula toner wajah karena manfaatnya yang membersihkan dan bersifat anti-bakteri. Boleh dikatakan, cuka apel adalah semacam detoks untuk kulit. Tapi ingat, pemakaiannya harus dilarutkan dengan air. Untuk konsumsi, campur 1 sendok makan cuka apel dengan segelas air. Paling baik diminum di pagi hari sebelum makan. Sementara toner, perbandingannya bisa disesuaikan dengan kemampuan kulit menerima sensasi “perih-nya”.

Coconut Water Kefir

Mendengar kata kefir, yang terlintas dalam pikiran kita adalah masker wajah. Memang benar, kefir diinovasikan sebagai masker perawatan wajah (bahkan kita bisa menemukan banyak sekali merk masker kefir di pasaran sekarang ini). Bagi yang belum tahu, kefir sebenarnya adalah minuman fermentasi. Kefir dibuat dari susu sapi atau kambing yang dicampur dengan biji kefir (semacam jamur dan bakteri). Biji kefir inilah yang bertugas memfermentasikan susu, membuatnya kaya akan kandungan probiotik, antioksidan, mineral, dan vitamin. Manfaatnya sangat baik untuk kesehatan. Bisa pula dijadikan masker wajah. Seperti yang dilakukan Ina Thomas untuk mengatasi hiperpigmentasi dan membuat wajahnya glowing.

Yang tidak suka susu, bisa menggantinya dengan coconut water kefir. Sesuai namanya, kefir ini terbuat dari kombinasi air kelapa dan biji kefir. Fermentasi yang terjadi membuat air kelapa yang awalnya kaya akan elektrolit dan enzim jadi memiliki kandungan probiotik.

Kombucha

Minuman ini berupa teh fermentasi yang terbuat dari jamur teh Kombucha. Sama seperti minuman fermentasi lainnya, teh kombucha juga kaya akan probiotik dan antioksidan. Untuk kulit, manfaatnya mendetoks, namun melembapkan sehingga menghasilkan tampilan kulit yang bersih. Dian Sastrowardoyo diketahui rutin minum kombucha. Jadi tidak heran, mengapa kulitnya terlihat begitu sempurna.

Minuman fermentasi memang baik untuk kulit. Meski begitu, kulit sehat tidak serta-merta hanya didapat dari minuman-minuman tersebut. Diperlukan faktor lain, seperti rutinitas skincare, berolahraga, dan diet sehat. SIap mencoba tiga jenis minuman fermentasi di atas?

Komentar Anda
Keep going