KAPANLAGI NETWORK
MORE

5 Tips Aman Anti Kuman Mencoba Tester Makeup di Konter

Selasa, 13 Februari 2018 17:15 Oleh: reiny

Banyak yang belum menyadari, mencoba tester makeup di konter punya risikonya sendiri. Simak triknya saat mencoba tester di konter.

 

Hampir semua perempuan saat jalan-jalan di pusat perbelanjaan, konter makeup salah satu yang harus dikunjungi. Entah itu hanya window shopping, swatching tester atau memang benar-benar akan membeli makeup baru. Semuanya adalah hal yang menyenangkan. Surga makeup seperti Sephora, salah satunya yang jadi favorit dimana kita bisa mencoba produk makeup dari berbagai merek.

Walaupun menyenangkan, ada kekhawatiran sendiri juga saat mencoba tester makeup di konter. Ya, apalagi kalau bukan tingkat kebersihannya. kKarena tester makeup yang tersedia biasanya sudah dicolek-colek banyak orang dan akhirnya menjadi sarang bakteri. Seperti yang sedang ramai akhir-akhir ini, ada seorang perempuan yang menggugat Sephora setelah ia terjangkit herpes yang disebabkan tester lipstik. Cukup mengganggu. Sebenarnya itu adalah salah satu risiko kalau mencoba produk tester. Para ahli kecantikanpun menyatakan “Never ever trust that in-store makeup testers have been cleaned,” Susie Sobol, seorang makeup artists profesional. "Even if you're the first customer to arrive in the morning, shortness of staff or an extremely busy store may cause a delay in sanitizing testers," kepada majalah Allure.

Faktanya, tester makeup adalah tempat bersarangnya bakteri dan yang paling sering ditemukan adalah bakteri jenis E. coli yang berasal dari orang yang tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, ungkap ahli kimia kosmetik, Ginger King.

Agar sesi mencoba tester di konter tidak berujung merugikan kebersihan dan kesehatan kita sendiri, simak tips-tips berikut ini:

1.Perhatikan produk yang aman dicoba dan tidak

 

Karena produk makeup memiliki kandungan dan tekstur yang berbeda-beda, maka tidak semua tester makeup mempunyai risiko yang sama. Misalnya: Lipstik, balm atau highlighter stick yang memiliki permukaan lembab adalah tempat yang cenderung disukai bakteri.

Tester Lipstick, lip gloss dan maskara harus dihindari dicoba langsung ke area mata dan bibir, karena area tersebut sangat mudah terinfeksi jika tester makeup nya sudah pernah digunakan orang lain dan tidak bersih.

Sebaliknya, makeup yang berbentuk bubuk (powder) seperti blush dan eyeshadow sedikit lebih aman untuk dicoba, tapi tetap harus hati-hati. Bersihkan dulu permukaan produk dengan tisu basah atau alkohol dan pakai sikat yang bersih saat mencoba.

 

2. Jangan mencoba produk langsung ke wajah

 

Kadang kita lupa, saking antusiasnya mencoba produk, tak jarang langsung diaplikasikan ke wajah, betul? Mulai sekarang, stop. Untuk mengurangi risiko infeksi akibat tester makeup. Jika ingin mencoba produk, cukup oleskan saja produk tersebut pada area punggung tangan atau telapak tangan untuk swatch. Apalagi aplikator maskara atau lip gloss biasanya kita kocok untuk memancing produknya keluar, padahal itu bisa membuat tabungnya terkontaminasi bakteri melalui udara, lho.

 

Baca Juga: Fenty Beauty Gunakan Model Virtual Buatan Komputer Sebagai Bintang

3. Bersihkan produk dengan benar sebelum dan sesudah digunakan

Konter makeup pasti menyediakan alkohol dan tisu untuk membersihkan produk tester, jika kita hendak mencoba produk tester. Semprot bagian permukaan makeup dengan alkohol lalu lap dengan tisu, ambil kapas untuk mengambil produk dan swatch di punggung tangan. Begitupun setelah mencoba, ulangi proses yang sama. Ini berlaku untuk semua jenis makeup seperti lipstik, bedak, eyeshadow palette ataupun maskara. Dengan begitu kita merasa aman saat mencoba tester makeup, kan?

4. Jangan takut untuk meminta tester baru

Sering kita menemukan konter makeup yang menyediakan tester namun sudah tidak layak untuk dicoba. Sebagai calon pelanggan, kita bisa meminta tester baru yang masih fresh. Jangan takut atau malu karena mereka pasti memiliki stok untuk tester, seperti kata Sobol “I have asked a staff member numerous times to open a fresh tester for me, and nine out of 10 times they do it,"

5. Perhatikan saat Beauty Assistant mengaplikasikan makeup

Agar lebih yakin dengan produk yang akan kita beli, biasanya beauty assistant konter makeup menawarkan kita di-makeover. Sebelum berkata “ya,” perhatikan dulu kuas yang akan mereka gunakan. Jika kuas makeup-nya kotor lebih baik tak usah mencoba. Pastikan semua makeup dan alat yang akan mereka gunakan bersih juga rapi.

 

Baca Juga: Cantik 1 Menit Hanya dengan 1 Alat Makeup ala Perempuan Prancis

 

 

 

Komentar Anda
Keep going