Sukses

Beauty

Arti dan Guna Tekstur Skincare Krim, Gel, dan Lotion untuk Perawatan Kulit Wajah

Jakarta Memilih skincare yang dapat menjawab kebutuhan kulit wajah, memang bukan hal yang mudah. Terkadang, kita harus mencoba beragam macam jenis skincare untuk menemukan mana yang paling sesuai. Saat memilih skincare, paling sering kita akan menyesuaikan dengan tipe kulit: kering, berminyak, atau sensitif.  Langkah tersebut dianggap paling tepat, dan tidak jarang juga beberapa di antara kita masih mengeluhkan “jika skincare harian yang digunakan belum cukup memahami permasalahan di wajah.”

Tim beauty FIMELA pun memiliki pengalaman yang sama. Kulit berminyak di area T-zone dan terasa tight untuk area kulit lainnya, menjadi masalah dan membutuhkan skincare sebagai solusi. Sudah menggunakan skincare yang diperuntukan untuk kulit berminyak, namun perubahan tidak begitu signifikan. Penasaran, kami pun terus mempelajari tiap-tiap skincare yang sekarang jenisnya semakin beragam.

Ini yang kami temukan, mungkin skincare harian sudah sesuai dengan jenis kulit wajah, namun tidak dengan teksturnya. Skincare memiliki 3 jenis tekstur: cream, gel, dan lotion. Ketiga tekstur tersebut, memiliki manfaat yang berbeda juga lho. Untuk menambah pengetahuan kita tentang skincare, berikut penjelasannya.

Tekstur Skincare: Cream

Type skin: Normal to dry

Try: Clinique Moisture Surge Extended Thirst Relief

Skincare jenis ini biasanya memiliki kandungan minyak tinggi. Fungsinya untuk memberi kelembaban ekstra di kulit wajah. Tipe kulit yang sesuai menggunakan skincare ini adalah kita yang memiliki kulit wajah normal, namun kering di beberapa area wajah lainnya. Teskturnya yang creamy, akan lebih cepat menyerap ke lapisan pori-pori kulit wajah, sehingga akan membuat kulit yang terasa kering menjadi lebih lembut dan lembab.

Tekstur Skincare: Gel

Type Skin: Oily & Acne

Try: Dior Glow Better Fresh Jelly Mask

Skincare jenis ini adalah kebalikan dari skincare tekstur cream. Jenis skincare ini memiliki kandungan air yang lebih banyak. Fungsinya adalah untuk menetralkan keadaan kulit wajah dari produksi minyak yang berlebih. Kulit berminyak paling sesuai dengan jenis skincare ini. Skincare jenis ini pun memiliki kelebihan untuk kulit berminyak. Yaitu, tidak akan menyebabkan penimbunan komedo (penyumbatan pori-pori) di kulit wajah karena teksturnya yang mudah meresap ke dalam pori-pori (non-comedogenic).

Tekstur Skincare: Lotion

Type Skin: Normal to Oily

Try: Kiehl's Ultra Facial Oil-Free Lotion

Sekilas, skincare berbentuk cream dan lotion terlihat sama. Tapi, kedua skincare ini memiliki tekstur yang berbeda lho. Skincare lotion memiliki tekstur lebih cair dari skincare cream. Saat diaplikasikan di kulit, akan terasa sedikit berminyak, namun cepat meresap di kulit. Tipe kulit wajah normal dan berminyak di beberapa titik, seperti T-zone, akan membutuhkan jenis skincare ini. Fungsinya hampir sama dengan skincare lain, yaitu memberi kelembaban pada kulit. Teksturnya yang cepat meresap, tidak akan membuat kulit terlihat mengkilap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading