KAPANLAGI NETWORK
MORE

Demi Kulit Wajah Bebas Masalah, Seberapa Sering Baiknya Ganti Sarung Bantal?

Jumat, 14 Juli 2017 13:00 Oleh: Monica Dian

Setiap hari kita tidur dengan bantal. Faktanya, di situlah kotoran menempel. Alasan kuat mengapa sarung bantal harus sering dicuci. Seberapa sering?

You know this: sarung bantal jadi salah satu biang kerok permasalahan jerawat. Dari situlah, muncul gagasan yang mengatakan bahwa sarung bantal baiknya diganti setiap seminggu sekali (ribuan artikel yang kita baca mungkin mengatakan demikian). Tapi, tahu tidak berapa waktu ideal mengganti sarung bantal?

Berdasarkan penjelasan oleh cleaning expert dari Australia, Shannon Lush, sarung bantal baiknya diganti lebih sering. Artinya, tak hanya satu minggu sekali. Dan ia menyarankan setiap dua hari sekali. Terdengar berlebihan? Tidak terlalu, bila kita tahu fakta sesungguhnya.

Coba bayangkan, sarung bantal bergesekan dengan rambut dan kulit. Dengan kata lain ia menampung kotoran yang terbawa dari tubuh. Boleh dikatakan, sarung bantal jadi mirip selayaknya kain pel. Sudah cukup jijik? Dan mungkin itu pula alasan, mengapa meski kita sudah membersihkan wajah sebelum tidur, saat membersihkan wajah dengan kapas pagi esoknya tetap ada kotoran yang terangkat.

“Kebanyakan orang tidak sering mengganti sarung bantal, dan itu lumayan jorok. Pasalnya, sel kulit mati yang terkikis saat kita tidur berkumpul di bantal. Itulah mengapa bantal jadi pemicu timbulnya komedo,” terang Lush.

Bukan hanya sarung bantal, seprei kasur pun jadi sarang empuk berkumpulnya kulit mati, bakteri, cairan tubuh, jamur, dan serangga. Prinsipnya, kondisi seperti ini tak bagus bagi kulit maupun kesehatan tubuh. Jadi, kalau selama ini sudah lakukan perawatan dan menghabiskan berbotol-botol produk skincare namun wajah masih dihantui jerawat membandel, boleh jadi sarung bantal jadi salah satu penyebabnya. Bisa evaluasi kembali, berapa kali kita mengganti sprei dan sarung bantal?

Bicara soal sarung bantal memang baiknya tidak boleh sembarangan saat memilihnya. Apalagi bila kita inginkan cantik saat bangun tidur nanti. That's why, sarung bantal berbahan satin tetap jadi favorit. Alasannya, lebih lembut untuk kulit dan rambut. Dengan kata lain, sarung bantal satin tak menimbulkan kerutan di kulit juga tak buat rambut kusut. You should be serious about your pillowcase, after all.

Komentar Anda
Keep going