Sukses

Beauty

Kulit Mengelupas Ganggu Penampilan, Pelajari 5 Hal Penyebab Utamanya

Jakarta Pengelupasan kulit wajah bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kerusakan pada zat-zat yang menyebabkan iritasi kulit atau bisa karena jenis kulit yang diturunkan, sinar matahari dan penyakit. Terkelupasnya kulit akan diiringi oleh pengeringan kulit, rasa gatal dan ruam. Sungguh sangat mengganggu penampilan. Berikut adalah beberapa penyebab pengelupasan kulit, agar kamu bisa menghindarinya.

1. Terbakar Sinar Matahari

Terlalu sering terkena sinar matahari dapat menyebabkan kulit terkelupas. Fase yang akan dilalui yaitu kulit memerah, sakit dan panas ketika disentuh. Biasanya ini terjadi sekitar beberapa jam setelah terpapar sinar matahari. Namun, setelah beberapa hari dari fase tersebut, lapisan kulit yang rusak akan mengelupas dan kulit akan sembuh dengan sendirinya. Pengelupasan ini mungkin memberikan efek warna kulit yang tidak merata seperti berpola.

2. Kulit Kering

Jika kamu memiliki kulit kering, maka risiko terkelupasnya kulit kamu lebih tinggi dibanding kebanyakan orang terlebih lagi jika kamu terus-menerus bersentuhan dengan air, sabun, dan krim yang mengandung zat keras, air panas, cuaca yang sangat panas dan dingin serta sinar matahari. Memiliki kulit kering sebenarnya tidak berbahaya, tapi ada saja yang mengalami gangguan serius seperti iktiosis yaitu penyakit kulit turunan.

3. Alergi

Ketika kulit bersentuhan dengan alergen ( zat pemicu alergi) maka kulit akan bereaksi. Tidak hanya pengelupasan kulit melainkan bisa menyebabkan gatal-gatal, ruam, bahkan melepuh.

4. Efek obat-obatan

Setiap obat pada umumnya memiliki efek samping dan salah satunya menyebabkan terkelupasnya kulit. Krim retinoid yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat,mengurangi kerutan, dan mencerahkan flek-flek coklat. Hasilnya kulit lapisan bawah mengelupas untuk membuka jalan agar sel-sel kulit baru dapat tumbuh. Selain itu obat dari chemotherapy juga menyebabkan kulit terkelupas.

5. Atopik Dermatitis

Kondisi ini bersifat kronis untuk jangka panjang dan cenderung dapat sembuh secara berkala. Tidak ada yang tahu pasti penyebab dari kondisi ini tapi sering dihubungkan dengan kulit kering, cuaca, gangguan sistem imun, gen dan bakteri.

Kulit mengelupas memang sangat menganggu penampilan dan juga menyebalkan karena diiringi dengan gatal, panas dan ruam. Jadi simaklah penyebabnya agar kamu bisa terhinar dari kulit mengelupas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading