KAPANLAGI NETWORK
MORE

Mau Kulit Segar Bebas Masalah, Hindari 4 Jenis Makanan Ini

Jumat, 21 April 2017 11:00 Oleh: Monica Dian

Mencapai kulit sehat dimulai dari dalam, yakni dari apa yang kita konsumsi. Wajah bercahaya bukanlah sekadar impian jika mengurangi asupan empat bahan makanan ini.

Mengawali hari dengan segelas susu, makan siang di restoran cepat saji, dan malam hari bergembira bersama teman sambil menikmati minuman beralkohol. Bila pagi hari wajah terlihat kusam dengan kantung mata yang teramat parah, plus kulit jadi kering, maka jangan heran. Karena apa yang kita konsumsi tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh, tapi juga kulit. Faktanya, gula, garam, produk susu, dan alkohol sangat berperan menentukan kondisi kulit. Dermatologist Dr Jamuna Pai membeberkan apa saja efek dari kandungan tersebut dan bagaimana cara menghindarinya.

Gula

Sudah lama jadi musuh perempuan, mengingat gula jadi faktor utama mengapa berat badan menjulang naik, ternyata gula juga tak baik untuk kulit. Dr Pai menjelaskan gula dalam darah dapat memicu kelebihan produksi insulin yang nantinya berakibat pada reaksi inflamasi pada jaringan tubuh, termasuk kolagen. Dengan kata lain, kelebihan gula mengakibatkan munculnya keriput dan selulit karena berkurangnya kolagen dan elastin. Cupcakes, cokelat, macaroon, dan makanan olahan manis lainnya baiknya dikurangi. Alihkan pada brokoli dan alpukat untuk menambah asupan serat dalam tubuh.

Garam

Sejatinya garam tidak berdampak langsung pada kulit. Hanya saja garam mengakibatkan tubuh kekurangan cairan, yang artinya menyebabkan kulit bengkak, munculnya kantung mata, membuat kulit kering atau bahkan membuatnya semakin berminyak karena kelenjar minyak dipaksa memompa minyak untuk lembapkan kulit dehidrasi. Kulit semakin berminyak, semakin besar risiko kulit mudah berjerawat.

Olahan Susu

Efek buruk susu pada kulit ditentukan seberapa kuat tubuh mengonsumsi laktosa. Kuat tidaknya bisa diketahui melalui tes alergi atau berhenti konsumsi olahan susu selama beberapa minggu. Pada dasarnya, susu memproduksi semacam senyawa yang serupa dengan hormon testoteron. Senyawa ini merangsang kelebihan produksi minyak yang berujung pada jerawat. Kembali lagi pada bagaimana tubuh dapat menerima laktosa. Jika setelah makan keju, esoknya muncul jerawat, you know you have to stay away from dairy.

Alkohol

Pecinta alkohol, berhati-hatilah karena minuman satu ini menyebabkan dehidrasi di semua jaringan tubuh, termasuk kulit. Kulit dehidrasi berarti kulit kering, bersisik, pecah-pecah, dan berkeriput. Ada trik untuk menghindari dampak buruk alkohol, yakni menetralisirnya dengan 5-7 liter air, yang rasanya hampir tidak mungkin diminum dalam sehari. Dehidrasi hanya bisa dilawan dengan perbanyak minum air putih. Drink as much as you can.

Komentar Anda
Keep going