Sukses

Beauty

4 Bahan Dapur Ini Bisa Hilangkan Ketombe

Fimela.com, Jakarta Cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kulit kepala. Memang ketombe adalah sebuah kondisi yang sangat mengganggu dan dapat menyerang siapa saja. Sudah dikeramas berkali-kali pun tetap juga menempel pada rambut. 

Kulit kepala yang berketombe tidak identik dengan rambut yang kotor ataupun malas berkeramas, tetapi terkadang bisa timbul akibat ketidakcocokan dengan beberapa produk shampo, maupun cara menata rambut yang tidak sesuai. Untuk mengatasi ketombe, berikut cara untuk mengatasi ketombe dengan bahan alami, antara lain :

1. Cuka putih Penggunaan cuka putih dicampur dengan segelas air dilakukan sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Cuka putih dikenal pada masyarakat tradisional sebagai bahan aktif untuk menghilangkan ketombe. Cara yang lain adalah dengan mencampurkan minyak goreng dengan cuka putih lalu pada waktu keramas pijit-pijitkan ke kulit kepala hingga meresap, kemudian bilas hingga bersih. Lalu bersihkan rambut menggunakan shampo.

 Menghilangkan ketombe dengan cuka putih. (via: bejotenan.com)

2. Soda kue Soda kue memberikan pengaruh dalam produksi kelenjar minyak di kulit kepala yang dapat menghambat timbulnya ketombe. Penggunaan cukup mudah, campurkan soda kue dalam takaran secukupnya, kemudian campurkan dengan air dan gunakan seperti halnya pada waktu keramas.

 Menghilangkan ketombe dengan soda kue. (via: bejotenan.com)

3. Garam Fungsi garam dapur adalah untuk menetralisir atau mengurangi aktivitas perkembangbiakan jamur yang menjadi penyebab ketombe. Pemakaian garam adalah dengan menaburkannya sebagai campuran shampo pada waktu keramas.

Menghilangkan ketombe dengan garam. (via: youtube.com) 

4. Minyak almond Penggunaan minyak almond untuk mengatasi ketombe dilakukan setelah keramas. Keringkan rambut lalu balurkan satu sendok minyak almond pada kulit kepala kamu. Lalu tutupi dengan handuk kering, biarkan selama 30 menit. Setelahnya bersihkan rambut dengan air hangat. Pemakaian minyak almond dapat dicampur dengan minyak zaitun untuk memberikan efek yang lebih cepat dalam upaya mengatasi ketombe.

Menghilangkan ketombe dengan minyak almond. (via: krupljani.ba) 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading