Sukses

Beauty

Ketombean? Atasi Saja dengan 3 Bahan Ini

Fimela.com, Jakarta Kulit kepala gatal, berminyak, serta rontoknya kulit mati di kepala sudah pasti itu ciri-ciri rambut kamu berketombe. Rambut yang berketombe pun juga menyebabkan kerontokan loh. Maka dari itu dari sekarang mulai perhatikan kesehatan rambut kamu.

Tidak perlu repot mengandalkan sampo atau bahan kimia lain untuk mengatasinya, cukup kamu andalkan saja bahan-bahan yang bisa kamu temukan di kebun atau juga di dapur. Hah? Kok bisa? Seperti yang dikutip dari situs Cantikitu, di sini dijabarkan ada 3 bahan yang ampuh atasi ketombe. Langsung saja disimak.

1. Cuka. Cuka biasanya banyak digunakan untuk membuat masakan menjadi lebih sedap. Meskipun bau dari cuka cukup menyengat, tetapi sebenarnya cuka cukup mujarab untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Cuka memiliki kandungan zat asam yang bersifat abrasif. Kandungan asam inilah yang mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Bahkan dengan penggunaan pertama kali, sel-sel kulit kepala akan hilang dengan mudah.

Cara alami menghilangkan ketombe dengan cuka:

- Siapkan cuka putih secukupnya saja
- Bersihkan rambut terlebih dahulu dengan keramas, lalu oleskan cuka merata
- Agar bekerja optimal pijatlah rambut yang sudah diolesi cuka tadi selama 5 menit, lalu diamkan kurang lebih 30 menitan
- Setelah semua selesai, bilas dengan keramas lagi hingga semua ketombe rontok.

Jangan bingung gonta-ganti sampo untuk rambut berketombe, cukup terapkan dengan bahan ini saja. (via: istimewa)

2. Baking soda. Baking soda merupakan salah satu bahan masakan yang sering dipakai untuk membuat roti. Ternyata baking soda juga mengandung senyawa abrasif yang mampu mengatasi ketombe di kulit kepala. Namun usahakan jangan menggunakan baking soda berlebihan, karena bisa mengakibatkan kulit kamu mengalami masalah iritasi. Hentikan penggunaan apabila ketombe sudah hilang.

Cara mengatasi ketombe dengan baking soda:

- Siapkan baking soda dan air hangat secukupnya
- Campur kedua bahan tersebut dengan takaran menyesuaikan. Usahakan adonan yang diibuat agak sedikit encer
- Oleskan adonan baking soda secara merata keseluruh bagian kulit kepala. Diamkan sejenak selama 30 menitan, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Jangan bingung gonta-ganti sampo untuk rambut berketombe, cukup terapkan dengan bahan ini saja. (via: draxe.com)

3. Lidah buaya. Lidah buaya sudah sejak jaman dahulu dipercaya cukup efektif untuk merawat rambut secara alami. Dalam lidah buaya ini terkandung beragam mineral alami yang cukup efektif untuk memberi nutrisi rambut kamu. Mulai dari mineral kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi. Selain bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, ternyata lidah buaya juga cukup efektif untuk melembabkan rambut secara alami. Oleh sebab itu, jangan ragu lagi menggunakan bahan alami satu ini.

Cara alami menghilangkan ketombe dengan lidah buaya:

- Ambilah lidah buaya yang masih segar, kemudian patahkan
- Kupas kulit lidah buaya tadi hingga ada gelnya saja
- Oleskan gel lidah buaya tersebut secara merata keseluruh kulit kepala
- Jangan lupa beri pijatan-pijatan lembut supaya meresap, lalu diamkan selama 30 menit agar bekerja lebih maksimal
- Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Jangan bingung gonta-ganti sampo untuk rambut berketombe, cukup terapkan dengan bahan ini saja. (via: istimewa)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading