Sukses

Beauty

5 Obat Jerawat yang Bisa Kamu Temukan di Halaman Rumah

Fimela.com, Jakarta Masalah pada wajah sepertinya tidak pernah ada habisnya. Dan boleh dikatakan dari sekian banyak masalah wajah yang ada, jerawat adalah masalah yang menduduki puncak nomor satu yang sangat mengganggu rasa percaya diri karena dapat merusak penampilan.

Tenang jangan keburu frustasi karena pastinya ada banyak solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dan pastikan kamu menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi jerawat kamu. Sudah mencoba mengobati jerawat dengan obat-obatan ampuh yang ada di halaman rumah kamu?

Yup, beberapa obat jerawat ini sangat mudah ditemukan dan biasanya sangat sering kita lihat ada di halaman-halaman rumah. Siapa tahu tanaman ataupun buah yang sangat ampuh mengatasi masalah jerawat ini juga tumbuh di halaman rumah kamu lho.

1. Daun Jambu Biji. Daun yang kaya akan antioksidan, antibakteri, zat antiperadangan dan tanin ini memang sudah lama dikenal dapat menyembuhkan diare, kolesterol tinggi, kanker lambung, dan masih banyak lagi. Hebatnya tak hanya untuk kesehatan, daun jambu biji juga sangat bisa diandalkan untuk menghilangkan jerawat, flek hitam, dan keriput. Rebus beberapa lembar daun jambu biji, diamkan hingga air berwarna kecoklatan, lalu gunakan kapas untuk mengoleskan air rebusan daun jambu biji ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas hingga bersih dengan menggunakan air biasa.

Obat Jerawat yang Bisa Kamu Temukan di Halaman Rumah. (Foto: YouTube.com)

2. Daun Sirih. Tanaman asli Indonesia yang memiliki kekhasan wangi ini juga bisa mengobati jerawat. Untuk memanfaatkan daun yang memiliki kandungan antiseptik sebagai obat jerawat ini kamu hanya perlu menyiapkan 10 lembar daun sirih, kemudian rebus dengan satu liter air yang telah ditambahkan dengan dua sendok garam. Setelah mendidih, diamkan air rebusan tersebut hingga menjadi dingin. Air rebusan daun sirih itu dapat kamu gunakan untuk membasuk wajah setiap malam hari, sebelum tidur. Jerawat di wajah pun akan segera mongering dan menghilang.

Obat Jerawat yang Bisa Kamu Temukan di Halaman Rumah. (Foto: kelsumbersari.malangkota.go.id)

3. Cabai. Harga cabai yang melambung tinggi membuat para ibu mengambil solusi dengan menanam sendiri cabai di halaman rumah. Termasuk ibu kamu nggak? Kalau iya, maka kamu juga bisa merasakan manfaat cabai untuk wajah kamu yang mungkin kini sedang jerawatan nih. Antioksidan yang ada dalam cabai dapat mencegah pembengkakan jerawat. Menggunakan cabai sebagai obat jerawat kamu perlu menyiapkan cabai, mangkuk, air panas, dan kapas penyeka. Masukan cabai yang telah dihancurkan ke dalam mangkuk, lalu tambahkan air panas, aduk pelan-pelan. Dengan kapas penyeka oleskan campuran bahan-bahan tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Hati-hati jangan sampai terkena mata ya.

Obat Jerawat yang Bisa Kamu Temukan di Halaman Rumah. (Foto: benih-tanaman.com)

4. Pepaya. Buah yang rasanya manis ini mengandung enzim alami yaitu papain dan chymopapain yang bersifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. Untuk memanfaatkan papaya sebagai obat jerawat kamu bisa menghaluskan pepaya dengan blender. Setelah halus, kamu bisa menggunakan papaya yang diblender tadi sebagai masker. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Mengonsumsi jus papaya secara rutin juga dapat mencegah dan membersihkan jerawat dari dalam tubuh.

Obat Jerawat yang Bisa Kamu Temukan di Halaman Rumah. (Foto: agrowisata-cikates.blogspot.co.id)

5. Lidah Buaya. Mau itu jerawat atau bekas jerawat sekarang kamu bisa menghilangkan keduanya dengan lidah buaya. Ekstrak alami lidah buaya mengandung bahan-bahan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskannya pada wajah, diamkan, setelah mengering langsung saja dibilas. Kamu juga bisa menggunakan campuran lidah buaya dan madu untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Pertama-tama campurkan gel lidah buaya dengan satu sendok the madu. Oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas.

Obat Jerawat yang Bisa Kamu Temukan di Halaman Rumah. (Foto:

Itulah lima obat jerawat yang tentunya akan sangat mudah kamu temukan, kan? Cara pengolahannya pun tidaklah sulit, nggak ada salahnya untuk dicoba lho…

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading