Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Ketombe dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Mengalami masalah rambut ketombe memang menyebalkan, sisa-sisa kulit mati di kepala rontok terus menerus dan menyebabkan rasa tidak nyaman karena malu ketika kamu memakai baju hitam, ketombe akan jelas terlihat di baju. Nggak mau dong kamu ketika sedang memakai baju hitam dan bertemu dengan banyak orang si ketombe ini muncul. Duh, malu banget pasti.

Jangan terus menerus mengandalkan bahan kimia untuk menghilangkan ketombe, biasanya para cewek-cewek ini selalu menginginkan cara instan untuk mendapatkan hasil yang cepat, padahal mereka tidak tahu bahaya apa yang akan diperoleh kalau mengonsumsi bahan kimia dalam waktu jangka panjang.

Daripada kamu menyesal dan ketombe kamu malah semakin parah hanya dengan terlalu sering mengonsumsi bahan kimia untuk hilangkan ketombe, kamu harus coba cara aman dan mudah untuk hilangkan ketombe, kamu bisa memilih bahan-bahan alami untuk membuat ketombe kabur dan nggak balik lagi.

Ilustrasi rambut berketombe. (via: patrika.com)

Kira-kira bahan alami apa saja yang bisa membantu mengatasi ketombe hilang dan nggak bakal balik lagi? Ada beberapa bahan dapur dan buah-buahan yang bisa membantu kamu dalam memerangi ketombe nih. Bagi kamu yang sedang mengalamani rambut ketombean, kamu wajib coba bahan alami ini.

Bahan Alami yang Bisa Atasi Ketombe

Cuka

Menghilangkan ketombe dengan cuka putih. (via: bejotenan.com)

Cuka biasanya banyak digunakan untuk membuat masakan menjadi lebih sedap. Meskipun bau dari cuka cukup menyengat, tetapi sebenarnya bahan ini cukup mujarab untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Cuka memiliki kandungan zat asam yang bersifat abrasif. Kandungan asam inilah yang mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Bahkan dengan penggunaan pertama kali, sel-sel kulit kepala akan hilang dengan mudah.

Baking soda

Ilustrasi baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan masakan yang sering dipakai untuk membuat roti. Ternyata baking soda juga mengandung senyawa abrasif yang mampu mengatasi ketombe di kulit kepala. Namun usahakan jangan menggunakan baking soda berlebihan, karena bisa mengakibatkan kulit kamu mengalami masalah iritasi. Hentikan penggunaan apabila ketombe sudah hilang.

Lidah Buaya, Lemon, dan Cuka Apel

Lidah buaya

Lidah buaya. (via: Boldsky)

Lidah buaya sudah sejak zaman dahulu dipercaya cukup efektif untuk merawat rambut secara alami. Dalam lidah buaya ini terkandung beragam mineral alami yang cukup efektif untuk memberi nutrisi rambut kamu. Mulai dari mineral kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, ternyata lidah buaya juga cukup efektif untuk melembabkan rambut secara alami. Oleh sebab itu, jangan ragu lagi menggunakan bahan alami satu ini. Apalagi untuk mengatasi ketombe.

Lemon

Lemon. (foto: boldsky.com)

Lemon merupakan buah yang memiliki tingkat keasaman cukup tinggi. Zat asam tinggi tersebut bisa kita manfaatkan untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Bahkan lemon cukup efektif untuk membantu menghilangkan kutu rambut.

Cuka Apel

Cuka apel. (via: popsugar.com)

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa cuka apel dapat membantu menghilangkan ketombe pada rambut. Larutan ini memiliki sifat asam yang dapat mengubah pH kulit kepala agar tidak dapat ditinggali oleh jamur penyebab ketombe. Cuka apel juga dapat membantu meredakan rasa gatal pada kepala dan mencegah kulit kepala menjadi kering.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading