Sukses

Beauty

Rambut Bau Apek karena Jilbab? Terapkan 5 Tips Berikut Ini!

Bintang.com, Jakarta Ketika kepala dan rambutmu tertutup rapat dengan jilbab, bukan berarti kamu terbebas dari segala jenis perawatan rambut karena rambutmu nggak lagi terlihat oleh banyak orang. Sebaliknya, kamu justru perlu perawatan ekstra karena ketika berjibab rambutmu akan semakin rentan.

Meski rambutmu tak lagi tampak di muka umum, namun pentingnya perawatan akan tetap kamu rasakan. Kepala yang tertutup saat kamu beraktivitas di luar dan berkeringat akan membuatnya lembap. Lebih dari itu, kelembapan tersebut bisa mengantarkan rambutmu pada masalah lain seperti ketombe, rontok, dan bau apek. 

Meski tak juga dicium orang-orang, tetap saja masalah tersebut akan membuatmu tak nyaman dan kurang percaya diri, terutama soal bau apek yang melanda. Sebelum masalahnya semakin gawat atau jika ada di antara kamu yang khawatir rambut di balik jilbabmu akan berbau, sebaiknya rawat dengan lima langkah berikut ini!

1. Tentu saja, hindari pakai jilbab saat rambut masih basah. Rambut basah yang tertutup jilbab itu akan menyebabkan kulit kepalamu lembap dan bau. Pilih juga sampo yang lembut dan berbau segar untuk membantu menjaga rambutmu tetap wangi.

Tips menghindari bau apek pada rambut bagi cewek berhijab. (foto: awesomenesstv.com)

2. Keramas lah secara teratur. Khusus untuk kamu yang berjilbab, dua kali sehari sepertinya adalah jadwal yang ideal. Jangan lupa gunakan conditioner serta tambahan masker seminggu sekali. Kalau perlu, gunakan juga parfum rambut agar wangi rambutmu terjaga. Jangan lupa keringkan dulu rambutmu sebelum mengenakan jilbab, atau kalau sedang terburu-buru gunakan saja hair dryer.

Tips menghindari bau apek pada rambut bagi cewek berhijab. (Foto: newhealthadvisor.com)

3. Kalau kamu akan beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, gunakan warna jilbab yang lembut dan berbahan ringan seperti katun. Fungsinya tentu saja untuk memberikan efek sejuk pada kulit kepala.

Tips menghindari bau tak sedap pada rambut untuk cewek berhijab. (sumber foto: inayah/pinterest)

4. Gunakan dalaman jilbab yang memiliki lubang di area belakang. Atau kalau kamu sudah menggunakan jilbab dengan bahan yang tidak transparan, kenakan saja dalaman yang berbentuk bandana yang hanya akan menjaga bagian depan rambutmu, sementara bagian lainnya tetap terbuka dan bernapas bebas di balik kain jilbabmu.

Tips menghindari bau apek pada rambut bagi cewek berhijab. (sumber foto: Best Deals of the Day/Pinterest)

5. Saat di rumah, istirahatkan rambutmu. Jangan mengikatnya. Biarkan rambutmu terurai dan beristirahat. Gunakan serum khusus untuk kulit kepala agar kadar minyak di kulit kepalamu tetap terkontrol. Sehingga rambutmu tetap sehat dan terhindar dari bau tak sedap serta rontok.

Tips menghindari bau apek pada rambut bagi cewek berhijab. (sumber foto: trendwanita.com)

Jangan malas merawat rambutmu meski orang lain tidak melihatnya, ya, girls. Rawat lah rambut itu untuk dirimu sendiri. Kalau kecantikanmu terjaga, kan kamu juga akan selalu tampil percaya diri.

Loading