Sukses

Beauty

3 Alasan Ini Buat Kulit Wajahmu Jadi Mudah Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Pasti banyak dari perempuan yang tahu kalau jerawat lebih efektif muncul pada kuit wajah remaja. Tapi, yang harus diketahui adalah kelenjar minyak pada kulit orang dewasa juga lebih banyak dan sensitif dari remaja. Jadi, kulit berjerawat memang lebih dominan terjadi pada orang dewasa. 

Penyebabnya tidak lain karena stress. Juga beberapa faktor lain seperti gaya hidup tidak sehat dan efek samping pengobatan. Kalau dulu semasa remaja tidak berjerawat, jangan keburu “aman”. Karena jerawat masih bisa menghantui di usia dewasa kita. Tapi ancaman tersebut bisa diminimalisir. Caranya dengan mengetahui penyebabnya, yang dipaparkan oleh dermatologist NYC Melissa Kanchanapoomi Levin, MD berikut. Jika sudah tahu pemicunya, maka akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Hal Ini yang Menyebabkan Jerawat Lebih Efektif di Kulit Wajah Orang Dewasa

Perubahan Hormon

Jerawat dewasa biasanya disebabkan oleh hormon. Karena hormon inilah yang merangsang kelebihan produksi minyak di wajah. Umumnya, perubahan hormon ini bertindak dalam bentuk siklus menstruasi, penggunaan kontrasepsi, pasca dan pra-menopause, serta jenis makanan yang mempengaruhi hormon (misal, susu dan daging). Itulah alasan mengapa perempuan lebih mudah berjerawat dibanding laki-laki.

Cuci Muka Berlebihan

Scrubbing dan cuci muka berlebihan bisa buat kulit kering dan iritasi. Kulit yang kering memaksa minyak berproduksi lebih banyak, sehingga berujung pada jerawat. Ketika hormon dipersalahkan, kemudian ditambah dengan cara merawat wajah yang salah, tidak heran jika jerawat sulit dihindari.

Stress

Stres juga merangsang produksi endrogen yang berlebih dan meningkatkan jumlah sebum pada kulit. Maka dari itu, timbullah kulit wajah lebih berminyak yang akhirnya menghasilkan wajah berjerawat. Sebuah survey mengatakan juga kalau stress berlebih dapat menimbulkan jerawat yang mengganggu. Jadi, lebih baik kalau kamu pintar-pintar menjaga emosi supaya tidak stres. 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading