Sukses

Beauty

Sesuaikan Pemilihan Kosmetik dengan Jenis Kulitmu

Bintang.com, Jakarta Untuk kaum perempuan, kosmetik atau produk-produk makeup memang penting untuk mempercantik diri. Tapi, ada juga yang mesti diperhatikan saat membeli kosmetik. Walaupun tersedia dalam berbagai varian produk, perlu dipastikan juga bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik aman. 

Kalian juga harus memahami apakah bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik itu cocok dengan jenis kulit kamu. Sebab, bisa jadi ada unsur yang tidak sesuai dan justru merusak kulit.

Maka, jangan malu-malu bertanya kepada penjualnya tentang kandungan dalam kosmetik sebelum membelinya. Dan yang tak kalah penting, kamu juga harus tahu jenis kulitmu.

Berikut ini jenis-jenis kulit yang harus kamu ketahui sehingga tidak salah dalam membeli dan menggunakan kosmetik.

1. Normal

Jenis kulit ini sangat diidam-idamkan para wanita, karena lebih bisa memilih produk yang diinginkan tanpa takut rusak. Sebab, jenis ini biasanya bisa menerima banyak jenis kosmetik, sehingga relatif aman.Warna kulit jenis ini pun lebih merata.

2. Berminyak

Banyak sekali yang tidak menyukai jenis kulit berminyak. Jerawat, komedo, bahkan warna kemerahan pada wajah, akan dirasakan saat memakai jenis produk yang tidak cocok.

Kulit berminyak membutuhkan perawatan yang intens, seperti memakai salicylic acid atau tea tree oil, agar bebas dari penyakit maupun kerusakan kulit jangka pendek maupun panjang.

Untungnya, jenis kulit ini lebih lama mengalami penuaan dan kerutan di wajah.

3. Kering

Pelembap, pelembap, pelembap! Produk utama yang selalu dibutuhkan untuk jenis kulit ini adalah pelembap dan hyaluronic acid untuk membuat kulit terlihat kencang dan terbebas dari permukaan yang kasar.

Kalau jerawat dan komedo akan sangat mudah muncul pada kulit berminyak, kulit kering pun sangat mudah mengelupas dan mengalami penuaan. Ketika sangat kering dan kotor, jenis kulit ini bisa terlihat sangat kusam. Jadi, jangan lupa membersihkan wajah dan memakai pelembap, ya!

4. Sensitif

Kulit yang sensitif perlu memperhatikan kandungan produk yang dipaparkan. Biasanya, bahan-bahan alami dan bebas alkohol sangat aman dan nyaman untuk dipakai jenis kulit ini.

Jika memakai produk yang mengandung parfum atau fragrance, kulit sensitif pun bisa menjadi kemerahan, gatal-gatal, maupun kerusakan kulit lainnya.

5. Kombinasi

Memiliki jenis kulit kombinasi juga harus berhati-hati. Tidak semua produk kosmetik cocok dengan jenis kulit ini. Produk untuk kulit normal, berminyak, kering, dan sensitif, belum tentu akan cocok pada jenis kulit ini.

Butuh ketelitian dan keuletan ekstra untuk menemukan produk yang cocok, seperti pelembab dengan formula jel yang mengandung hyaluronic acid.

Kalau kamu sudah memilih produk kosmetik yang cocok untuk kulitmu, jangan beli produk lain walaupun kamu memiliki tipe kulit kombinasi. Mengganti produk kosmetik sesuka hati hanya membuat kulitmu jadi lebih sensitif terhadap segala sesuatu yang membuat wajahmu rusak atau iritasi. 

Reporter: Rizky Astuti 

Sumber: Dream.co.id 

Loading
Artikel Selanjutnya
Dream Day 2019, Raih Kesempatan Menjadi Dream Inspiring Women Tahun Ini!
Artikel Selanjutnya
Fitur BeautyCam ‘Uji Coba’ Tampilan Makeup Berbagai Produk