Sukses

Beauty

Eczema Tidak Sama dengan Jerawat dan Begini Cara Mengobatinya

Fimela.com, Jakarta Pernahkan Andan melihat ada muncul bintik-bintik merah seperti jerawat yang akan tumbuh? Atau mungkin kita pernah mengalami masalah kulit seperti ini. Awalnya kita berpikir itu adalah jerawat. Ternyata, belum tentu. Itu bisa jadi tanda-tanda munculnya eczema.

Apa itu eczema? Penyakit kulit ini memang masih jarang terdengar di telinga. Melihat dari tanda kemunculannya, kita akan berpikir itu adalah jerawat. Selain jerawat, ada lagi penyakit kulit yang menyerupainya.

Eczema atau dalam bahasa medis disebut sebagai dermatitis, adalah penyakit kulit ringan yang muncul di kulit wajah dalam bentuk bintik-bintik kemerahan. Biasanya penderita akan merasakan efek gatal. Sedangkan jerawat, lebih terasa perih. 

Apa yang menyebabkan eczema muncul di kulit wajah? Umumnya disebabkan oleh faktor genetik. Lainnya, kulit kering, keringat, dan mudah alergi terhadap cuaca, debu dan polusi.

Eczema apakah hanya muncul di kulit wajah saja? Tidak. Eczema dapat muncul di seluruh area kulit tubuh kita.

Bagaimana cara menangani eczema? Sama seperti jerawat, jagalah kulit wajah agar selalu dalam keadaan bersih. Khususnya setelah kita menggunakan makeup. Bersihkan selalu wajah sebelum tidur.

Lainnya, pastikan tempat tidur dalam keadaan bersih juga. Sarung bantal, sprei, dan selimut yang kita gunakan juga merupakan salah satu tempat bakteri penyebab gatal-gatal apalagi jerawat sering muncul. Gantilah sprei, sarung bantal dan selimut minimal 1 minggu sekali.

Cara mencegan dan mengobati eczema

Adakah skincare khusus untuk masalah kulit ini? Gunakan skincare yang dapat memberi kelembaban ekstra pada kulit. Tipe kulit kering adalah tempat favorit eczema untuk muncul. Gunakanlah rangkaian skincare lengkap dari toner, essence, serum, pelembab, dan sunscreen

Sebagai tambahan, kita bisa menggunakan masker jenis sheet mask atau gel minimal 2 minggu sekali. Pastikan seluruh skincare memiliki formula yang dapat menghidrasi kulit wajah dengan baik.

Berikut penjelasan mengenai eczema dan bagaimana cara mencegah serta mengobatinya. Jangan lagi kamu salah menyimpulkan kalau itu jerawat tapi sebenarnya itu ada eczema.

 

Penulis: Arisa Muharliza

Sumber: Fimela.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading