Sukses

Beauty

Yuk, Pelajari Sebab & Solusi Rambut Berketombe

Punya rambut yang berketombe itu rasanya malu banget. Kepercayaan diri pasti menurun drastis saat ketombe menampakkan wujudnya. Perasaan juga jadi tidak nyaman karena kulit kepala yang gatal. Dari mana sih, asalnya ketombe ini?

Selama ini ketombe sering dianggap karena cara hidup kurang bersih. Sering juga kulit kepala yang kering dikira menjadi penyebab munculnya ketombe, dan banyak orang berusaha untuk menyembuhkan ketombe. Padahal, ketombe bukanlah penyakit dan ketombe tidak dapat disembuhkan, tapi dapat dikontrol dengan cara merawat kulit kepala dengan baik.

Ketombe disebabkan oleh jamur malassezia yang secara alami ada pada kulit kepala. Namun dalam beberapa kasus pertumbuhan jamur ini bisa tidak terkontrol. Kemudian jamur yang berlebih ini akan menyebabkan sel mati kulit kepala mengelupas lebih cepat dari seharusnya, lalu menjadi ketombe.

Bagaimana cara mengontrol ketombe?

1.     Hindari menggaruk kulit kepalamu secara berlebihan. Kulit kepala yang terluka akibat garukan dapat menyebabkan infeksi. Cuci rambut setiap hari dengan shampo anti ketombe yang mengandung zinc, asam salisilat (salicylic acid), selenium, coal tar ataupun ketoconazole. Try: Head & Shoulders, Kerastase Bain Gommage Anti-Dandruff, Nizoral.

2.     Saat keramas, pijat kulit kepalamu dengan lembut lalu diamkan selama 5 menit agar shampo benar-benar meresap pada kulit kepalamu dan formulanya dapat bekerja dengan baik.


3. Hindari udara panas yang berlebih pada kulit kepalamu. Melakukan blow-dry secara rutin dapat memudahkan kulit kepalamu menjadi pecah-pecah.

4.      Hindari menggaruk kulit kepalamu secara berlebihan. Kulit kepala yang terluka akibat garukan dapat menyebabkan infeksi.

5.      Hindari stress dan perbanyak relaksasi seperti yoga, mendengarkan musik atau relaksasi dengan aromatherapy. Stress dapat memicu kondisi kulit tubuh maupun kulit kepala memburuk.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading