Sukses

Beauty

ASK THE EXPERT: Tanda Penuaan Dini, Kerutan atau Bintik Hitam?

anti aging

Tanya:

“Sering disebutkan bahwa tanda-tanda penuaan dini dimulai dari keutan halus, tapi juga ada yang bilang berawal dari bintikhitam. Sebenarnya mana yang benar?”

Ranti, ibu rumah tangga, 35 tahun

Jawab:

Kulit manusia apapun rasnya secara biologis sama. Apakah Anda asli Asia, Kaukasia, atau berdarah campuran, pada dasarnya tak berbeda. Yang membedakan adalah pigmennya, dimana ini membedakan proses penuaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, perempuan yang memiliki pigmen kulit lebih banyak, akan memiliki bintik hitam lebih dulu dan lebih banyak sebagai tanda penuaan dini. Ini merupakan efek proteksi melanin pada kulit untuk menjaga kolagen tetap terjaga, sehingga kerutan tak cepat terbentuk namun akhirnya berefek timbulnya bintik hitam. Sementara itu, perempuan dengan pigmen yang lebih sedikit, tak memiliki “perisai” melamin untuk melindungi mereka, sehingga ketika diserang oleh radikal bebas, sinar UV, dan berbagai invasi lainnya, akan segera menimbulkan kerutan. Inilah alasan dasar mengapa ras Kaukasia dengan warna kulit yang putih pucat akan lebih mudah dan cepat memiliki kerutan di kulitnya daripada ras Asia. Sedangkan, bagi kamu yang berdarah Asia akan cenderung mendapatkan bintik hitam atau age spot sebagai tanda awal terjadinya penuaan.

Selain meneliti dari segi ras, bagaimana seseorang menjalani proses penuaannya juga bisa dilihat dari bagaimana penampilan ibu kandungnya ketika menua. Bila ibumu menua dengan lebih banyak terlihat bintik hitam ketimbang kerutan, maka kemungkinan besar akan seperti itu juga kamu menua. Bila kerutan mendominasi wajah ibumu ketika bertambah tua, maka sama halnya yang akan berlaku padamu. Namun, ini tak berlaku pada banyaknya kerutan atau bintik hitam, karena itu kembali lagi pada system genetik dimana gaya hidup sangat berperan besar. Selain makanan, olahraga, dan manajemen stress, seberapa rutinnya kamu menggunakan proteksi dari luar seperti sun block menentukan bagaimana proses penuaanmu. Juga, pemilihan produk anti aging yang ada baiknya memang mengikuti dimana kita tinggal dan dari mana kamu berasal. Perusahaan produk kecantikan yang memproduksi produk anti aging sudah pasti melakukan penyesuaian pada produk mereka yang didistribusikan ke berbagai negara dengan karakteristik dan kebutuhan konsumen yang berbeda.

Nah, dengan mengetahui akan seperti apa tanda penuaan dini yang akan terjadi padamu, sudah akan lebih mudah kan untuk mencegahnya? Tentu saja, ini kembali lagi pada bagaimana kamu menjaga diri karena gaya hidup sehat adalah jawabannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading