Sukses

Beauty

Yuk, Kurangi Risiko Jantung dengan Rutin Jalan Kaki!

Next

jalan

Jakarta Seberapa sering kamu berjalan kaki setiap hari? Olahraga paling mudah dan ringan ini ternyata nggak hanya baik untuk membakar kalori, tapi juga untuk kesehatan jantung lho! Yup, hanya dengan melakukan beberapa langkah kecil di sela-sela kesibukan bekerja ternyata kebiasaan jalan kaki bisa membawa kabar baik untuk kesehatan si jantung.

Sebagai gambaran, jalan kaki dengan ritme lambat kurang dari tiga km/jam bisa membakar kalori hingga 58 kalori/jam. Nah, kalau kamu pilih naik tangga daripada lift, artinya kamu sudah membakar kalori lebih banyak lagi. Dibandingkan dengan berlari atau bahkan jogging, ternyata jalan kaki justru lebih disarankan mengingat risiko cedera kaki yang mungkin ditimbulkan lebih kecil. Saat berjalan, kaki hanya menopang 3-4 kali berat badan, sedangkan saat berlari, kaki bisa menopang hingga 8 kali berat badan.

 

Next

jalan kaki

 

Kalau kamu punya ritual berjalan kaki, maka kalori yang terbakar pada orang yang berjalan saat pergi dan pulang kantor, setidaknya dengan kecepatan normal tiga km/jam, maka mereka akan membakar sekitar 100-200 kalori. Kalori yang terbakar tentu tergantung pada tinggi dan berat badan masing-masing orang. Untuk menghitung dengan tepat, tentunya kamu harus mendatangi pusat kebugaran dan menemui ahli nutrisi. Kamu bisa menggunakan Basal Metabolic Rate (BMR) Calculator secara online.

Dengan aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan kaki ternyata dapat membantu menjaga kesehatan terutama jantung. Rutin berjalan kaki setiap hari dengan tempo dan jarak yang konstan terbukti mampu meningkatkan kerja jantung serta sirkulasi peredaran darah dalam tubuh. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi dan oksigen untuk organ tubuh pun lebih terpenuhi optimal. Nah, mulai dari sekarang, yuk rutin berjalan kaki setiap hari!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading