Sukses

Beauty

Diet Plateau, Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun

Jakarta Memutuskan untuk berdiet sehat dan berolahraga secara teratur adalah cara tepat untuk mengurangi kelebihan berat badan. Kamu pun terbukti disiplin untuk menghindari makanan yang mengandung kadar lemak tinggi, soda, dan hanya mengonsumsi sayuran segar nan sehat. Setelah diet berjalan satu bulan, kamu sukses menurunkan beberapa kilogram bobot tubuh. Tapi, masih ada kelebihan beberapa kilogram yang seakan seperti tak bisa diturunkan lagi hingga kamu mencapai berat badan ideal. Putus asa? Ya, kebanyakan perempuan langsung berhenti berdiet karena merasa nggak berhasil dengan pola makan yang telah dijalani selama ini.

Sudah pasti kamu mengalami istilah ‘masa plateau’ dimana tubuhmu sudah beradaptasi dengan pola makan yang sedang kamu jalani. Bagaimana cara mengatasinya? Satu hal yang perlu kamu ketahui, bahwa semakin berat badan berkurang, maka kalori yang dibutuhkan oleh tubuhmu pun juga semakin sedikit. Misalnya, berat badan awalmu 55 kg dan kalori yang dibutuhkan adalah 2000 kalori/hari. Setelah turun menjadi 50 kg, maka asupan kalorimu juga berkurang menjadi 1900 kalori/hari. Itu berarti, jumlah makanan yang harus kamu konsumsi per harinya juga harus dikurangi lagi dan porsi berolahraga harus ditambah.

Salah satu seleb yang berhasil mengatasi masa plateau adalah Jennifer Aniston. Ia menggunakan rumus rasio matematika sederhana 40:30:30 untuk mengatur masing-masing jumlah karbohidrat, lemak, dan protein setiap harinya. Jumlah ini pun akan disesuaikan lagi di saat melewati masa plateau. Selain itu, Jennifer Lopez juga jadi salah satu seleb yang mengatasi masa plateau bukan dengan mengurangi porsi makan melainkan dengan menambah jam tidur. Menurut Gunnar Peterson, personal trainer J-Lo, mengurangi jam tidur sampai dengan 2 jam bisa menambah jumlah kalori yang masuk ke tubuh dan merusak seluruh program ketatmu. “Tambahkan sekitar 1 hingga 2 jam tidur dalam waktu 10 hari akan membantu melewati masa plateau dan kamu bisa memulai melihat penurunan massa tubuh sampai mencapai berat ideal,” ujar Gunnar.

Kedengarannya memang sulit. Oleh karena itu, kami sarankan untuk tidak langsung mengurangi porsi makan dalam jumlah drastis di awal mula program dietmu. Coba dari hal kecil seperti yang dilakukan J-Lo dengan nggak begadang lagi setiap malam atau beri waktu untuk tubuh untuk secara perlahan menyesuaikan dengan perubahan pola makanmu. Percaya saja, diet pelan tapi pasti malah membantu kamu mendapatkan berat badan ideal tanpa rasa tersiksa. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading