Sukses

Beauty

Olahraga yang Pas Menjelang Pernikahan: Yoga atau Pilates?

Jakarta Kini, kita memiliki banyak pilihan menarik untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan. Yoga dan pilates merupakan pilihan yang cukup populer. Mana yang cocok untuk kamu? Simak penjelasan berikut ini. 

Yoga

Yoga bersifat holistik, pendekatan kebugaran yang sifatnya filosofis. Yoga menyatukan keseimbangan di setiap area tubuhmu, setara dengan mengencangkan semua bagian otot, menciptakan kekuatan fisik dan mental yang seimbang. Basic dari yoga adalah dengan menyelaraskan gerakan, pernafasan, postur tubuh, relaksasi dan meditasi untuk menciptakan harmonisasi tubuh, pikiran, dan spiritual. Terkadang, latihan yoga memang terkesan statis; kamu mulai melakukan satu pose, lalu tahan selama beberapa waktu, sambil fokus bernafas, mengontrol fisik dan emosi.

Ingin mencoba Yoga? Pilihlah yoga jika kamu menginginkan latihan yang lebih rileks yang memang berguna untuk keseimbangan tubuh. Tak hanya sekadar olahraga, tapi juga memberi siraman pada jiwa. Yoga membantu kamu mengatasi stress dan menambah kekuatan, kardio, dan fleksibilitas dalam satu latihan sekaligus. Jika kamu hobi lari, latihan ini juga berguna untuk meregangkan hamstrings. Selidiki juga berbagai jenis yoga yang sesuai dengan kebutuhanmu seperti hatha yoga, vinyasa yoga, bikram yoga, ashtanga yoga dan masih banyak lagi. 

Pilates

Pilates diciptakan sekitar tahun 1920 oleh pemuda asal Jerman bernama Joseph Pilates. Awalnya, latihan ini digunakan untuk pemulihan para prajurit yang cidera akibat Perang Dunia I. Saat itu, Joseph memperkenalkan teknik miliknya ini ke dunia tari saat bermigrasi ke Amerika Serikat. Gerakannya selaras dengan ritme tubuh, sehingga dalam seketika menjadi salah latihan yang disukai oleh para penari ketika itu.

Pilates mengandalkan pernafasan dengan gerakan dasar yang fokus pada pengencangan dan pembentukan tubuh. Tak hanya itu, latihan ini merupakan latihan yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu, jadi siapapun kamu, latihan pilates bisa menjadi latihan alternatif yang baik. Berbeda dengan yoga, latihan pilates secara konstan terus bergerak setidaknya melakukan 5 hingga 10 pengulangan gerak latihan lalu lanjut ke tahap selanjutnya. Fokus dari pelatihan pilates ini adalah membangun kekuatan seluruh tubuh. Latihan ini adalah seputar gerakan yang mampu memperkuat tubuh secara menyeluruh dan menyelaraskan otot-otot Anda.

Ingin mencoba pilates?

Kamu hobi menari, atau justru seorang atlet yang gemar sekali bertarung untuk mendapatkan yang terbaik, pilates mungkin cocok untukmu. Berniat membuat perut kamu terlihat rata, menguatkan otot punggung selepas cidera ringan, segera kunjungi tempat pilates yang mampu membantumu mencapai target-target tersebut.

 

Penulis: Andwi F. Larasati

Foto: Holbox

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading