Sukses

Beauty

Perempuan Perlu Memahami Makna Kecantikan

 

Jakarta Kecantikan merupakan hal yang paling didambakan namun sekaligus juga menakutkan bagi setiap perempuan. Beauty blogger Harumi Sudrajat mengatakan, dia sangat memahami dua sisi dari kecantikan itu sendiri. Dari masa ke masa, perempuan selalu dituntut untuk tampil cantik untuk menghindari penolakan dari masyarakat di sekitarnya. Harumi pernah merasa tidak percaya diri dengan penampilannya saat berada di bangku sekolah. Rasa tidak percaya diri ini muncul karena ia tidak berani merias wajahnya sendiri.

Berkaca pada diri sendiri, Harumi pun merasa prihatin terhadap perempuan Indonesia yang seringkali merasa takut menggunakan makeup dengan tangannya sendiri. Sering kali perempuan harus membayar mahal untuk mendatangkan makeup artist,. Kalau mereka tidak mampu membayar, terkadang mereka lebih memilih untuk mengurung diri di rumah dan menghindari pergaulan. Padahal tanpa kepercayaan diri, perempuan menjauhkan dirinya dari berbagai kesempatan baik di luar rumah.

“I felt so much insecure at that time. But I decide to not feed my fear and start to learn how to do make up.”

Harumi akhirnya mulai banyak membaca buku kecantikan dan menonton acara makeup tutorial dari luar negeri. Keterampilan bersolek didapatnya secara otodidak, tanpa melalui kursus kecantikan. Pada 2010, Harum mulai membagikan tips kecantikan kepada perempuan di Indonesia melalui akun twitter miliknya yaitu @MyTipsCantik. Ia memperlihatkan beragam tips efektif seputar kecantikan dari mulai cara memoleskan eye-shadow, membuat alis,membersihkan muka,mengaplikasikan pelembap,alas bedak,hingga terakhir memakai bedak padat.Dengan lancar ia memperagakannya di depan kamera sembari memberi arahan yang mudah dimengerti. Apa yang ia publikasikan ternyata mendapat respon yang luar biasa.

Melihat sambutan positif pada apa yang dilakukannya, mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional Universitas Pelita Harapan ini mulai konsisten berbagi pengetahuan tentang bagaimana para perempuan tampil cantik melalui akun twitter @MyTipsCantik miliknya. Akun ini sudahmemiliki puluhan ribu pengikut (followers). Ia juga meng-upload beragam video ilmu untuk tampil cantik di YouTube yang kini sudah diklik oleh lebih dari 50 ribu orang. Melalui media sosial, ia bertekad untuk menolong lebih banyak perempuan Indonesia untuk tampil cantik dan percaya diri.

Harumi mengatakan, perempuan Indonesia tidak perlu takut memoles diri dengan makeup. Seni menata rias wajah, menurutnya, bisa dipelajari dengan mudah oleh siapa saja. Harumi kemudian menerbitkan blog mytipscantik.com yang berisikan tips-tips yang telah ia publikasikan di media sosial. Blog miliknya mendapat rating yang sangat tinggi. Hingga kini ia tetap konsisten menerbitkan artikel dan video tutorial kecantikan di blog yang menjadikannya beauty blogger yang cukup diperhitungkan di Indonesia.

“Jangan ikuti ketakutan kita. Makeup itu sebenarnya mudah dan menyenangkan. Kamu hanya perlu tahu langkah-langkah sederhana yang bisa diperlajari siapapun,” ungkapnya.

Menurut Harumi, perempuan Indonesia beruntung karena tinggal di negara yang memilliki beragam ras manusia. Setiap ras memiliki tipikal wajah yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang melahirkan berbagai macam definisi tentang kecantikan. Perbedaan definisi kecantikan ini, menurut Harum,i menjadikan perempuan Indonesia tidak terikat oleh satu definisi kecantikan. Hal ini patut disyukuri karena setiap perempuan Indonesia bisa tampil cantik sebagai dirinya sendiri tanpa terpenjara oleh stereotip makna kecantikan.

“Indonesia itu cantiknya diverse dan ga terikat stereotype,” pungkasnya.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading