Sukses

Beauty

Beauty Update: Sedang Trend, Cushion Compact Makeup Ala Korea

Jakarta (Image: Pinterest)

Tren cushion masih menjadi top up beauty product di Korea. Bentuknya yang sudah all-packages, dari kemasan yang ringan dan mudah dibawa kemana saja, cermin dan puff yang sudah tersedia di dalam kemasan, sampai bisa refill juga lho. Nggak hanya lebih praktis dan ekonomis, cushion ini juga memiliki banyak fungsi untuk menampilkan kelebihan dan menyamarkan kekurangan di wajah. Nah, buat kamu yang suka makeup fix-it, cushion bisa jadi alternatif makeup yang dapat menyelamatkan penampilanmu. Tepuk-tepuk cushion secara lembut di wajah, lalu apa yang akan dihasilkan untuk wajahmu? Berikut ulasannya.

Long Lasting Selama 12 Jam

Untuk kulit tipe kombinasi (normal – kering), daya tahan cushion selama 12 jam dapat bekerja dengan baik. Bahkan saat kulit berada di dalam ruangan ber-AC. Untuk tipe kulit berminyak, re-touch memang masih dibutuhkan, tapi hanya di bagian tertentu saja. Misal, kening dan pipi, atau area wajah yang ingin terlihat lebih glowing.

Natural Coverage

Menyamarkan kekurangan di wajah sudah jadi tugas penting dari sebuah alat makeup.Walaupun formulanya lebih ringan, bb cushion dapat bekerja dengan baik layaknya foundation dan concealer. Cushion dapat membantu menutup bekas jerawat, flek hitam, atau kulit wajah yang tidak merata. Uniknya, hanya sekali tepuk, tanpa perlu dilapisi powder sesudahnya, hasilnya sudah cukup coverage dan wajah tetap terlihat natural.

1. Innisfree, Ampoule Intense Cushion, 2. Laneige, BB Cushion Pore Control , 3. Mamonde, Cover Powder Cushion, 4. Sulwhasoo, Perfecting Cushion Brightening

Glowing Finish Look

Untuk tipe kulit wajah normal to dry, cushion bisa jadi must-have item yang ada di dalam tas makeup. Formulanya yang sekaligus memberikan kelembaban di wajah, dapat membuat wajah terlihat lebih cerah dengan efek dewy look/glowy. Buat kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, pilihlah cushion yang memiliki formula oil control agar wajah tidak terlihat semakin glowy.

Moisturizing Skin

Beberapa cushion dilengkapi dengan formula ekstra moisturizing. Dua brand yang jadi favorit saya adalah Laneige cushion dan Sulwhasoo. Kedua brand asal Korea tersebut melengkapi cushion-nya dengan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban agar kulit tidak kering walaupun dipakai berulang kali. Hasilnya, kulit wajah akan terasa tetap moisturized dan waterfull.

Cooling Effect Once Applied

So far, cushion yang pernah saya coba; Sulwhasoo, Laneige, Mamonde, Etude, dan Innisfree, Maybelline, YSL Cosmetic dan Dior Cosmetic. It did help minimize the redness on my skin, and also minimized the appearance of pores, fine lines, and dark spots. Tapi, untuk cushion yang memiliki sensasi cooling effect di kulit wajah, itu berlaku pada cushion compacts brand Korea. Untuk cushion lainnya, di kulit wajah saya terasa lebih heavy (mungkin karena cushion compact Korea di desain untuk jenis kulit perempuan Asia). Korean cushion memiliki sensasi cooling effect saat pertama di aplikasikan di wajah. Begitu juga dengan tahap aplikasi/re-touch selanjutnya. Cushion tetap membuat kulit wajah terasa nyaman.

The sponge/puff (aplicators) are the best

Aplikator yang sudah terdapat di cushion compact di rancang hanya untuk pengaplikasian krim cushion. Jadi jangan gunakan sekaligus untuk produk makeup lain ya. Umumnya aplikator cushion terbuat dari Rubycell dan Polyurethane. Dari beberapa Korean cushion compact yang saya coba, aplikator Laneige paling favorit. Bentuknya seperti aplikator compact powder lainnya; bulat dan memiliki hold-fingers. Bedanya, aplikator ini sangat sintetis, seperti terbuat dari karet, dan sangat lentur hingga memudahkan aplikasi krim di sudut wajah yang sulit terjangkau (ex: sudut dalam kanan-kiri hidung). Aplikator ini dapat menyerap kandungan air yang terdapat pada krim cushion hingga dapat diserap oleh kulit dengan baik. Hasilnya warna kulit wajah terlihat lebih rata, kulit terasa lebih kenyal, dan terlihat merona.

Good Travel Mates

Membawa cushion saat melakukan penerbangan jauh, bisa membuat wajah terlihat cerah dan lembab dalam waktu lama. Selama berada di pesawat, begitu wajah mulai terasa kering, kamu bisa aplikasikan cushion (tipis saja). Selanjutnya, touch up wajah kembali, sebelum pesawat lepas landas. Trik ini sering saya lakukan saat traveling. Cushion bekerja dengan sangat baik di wajah, baik itu saat cuaca sedang panas atau hujan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Perawatan Kecantikan yang Patut Dicoba Saat Memasuki Usia 30 tahun
Artikel Selanjutnya
Cegah Terjadinya Kerusakan pada Rambut dengan 5 Hal Ini