Sukses

Beauty

Memilih Cushion Compact Makeup untuk Kulit Berminyak dan Gelap

 

Jakarta Cushion makeup bisa dikatakan sebagai produk wajib ada di dalam tas, buat perempuan urban yang tidak punya waktu lama untuk merias wajah, namun ingin terlihat selalu prima dengan wajah merona. Mengapa? Cara pemakaiannya lebih praktis dari foundation dalam kemasan tube/liquid. Cushion cukup di tepuk-tepuk halus di wajah menggunakan puff yang sudah tersedia di dalam kemasan, wajah flawless dengan kesan dewy/glowy look bisa kamu dapatkan.

Membahas cushion makeup lebih lanjut, saya bertemu dengan seorang makeup artis asal Korea, Vivi Ahn. Pertemuan ini berlangsung di acara beauty class, Amore Pacific Cushion - Unpacked. Saya mengajukan beberapa pertanyaan seputar cushion yang dikaitkan dengan tipe kulit perempuan Indonesia. Karena pada dasarnya, jenis kulit perempuan Indonesia dan Korea tidaklah sama, lalu bagaimana menemukan cushion yang “pas” untuk kulit perempuan Indonesia yang cenderung moody, terkadang normal, kering, lalu berminyak.

 

Hi, Vivi Ahn. Top up result dari aplikasi cushion adalah membuat wajah terlihat glowy atau dewy look. Untuk tipe kulit normal-dry, cushion bisa jadi alternatif makeup instan yang tepat, bagaimana dengan tipe kulit perempuan Indonesia yang cenderung gampang berminyak?

Memilih cushion yang sesuai untuk wajah memang membutuhkan effort lebih. Apalagi untuk kulit berminyak. Solusinya, ada trik makeup cushion yang harus dipatuhi. Pertama, dimulai dari menggunakan primer, kedua cushion, ketiga powder oil-control. Tahap ketiga ini hanya diaplikasikan di titik wajah yang terlihat lebih glowy, sisanya biarkan terlihat glow natural.

 

Jika cushion dapat disamakan dengan foundation, apakah cushion juga memiliki teknik aplikasi sendiri?

Untuk korean makeup look, cushion memiliki teknik makeup tersendiri. Teknik makeup dilakukan menggunakan puff cushion. Teknik “tap cushion” juga bisa menyamarkan wajah berminyak, lho. Pertama, tepuk-tepuk puff di seluruh wajah, seperti memakai compact powder biasa. Lalu, tap lembut kembali, menggunakan ujung puff saja. Tap kedua menggunakan ujung puff, berfungsi membuat hasil makeup terlihat lebih matte. Tapi, walaupun matte, wajah akan terlihat tetap glowy, tapi tidak mengkilap seperti dipenuhi minyak.

 

Finishing cushion apakah memerlukan aplikasi loose powder?

Loose powder bersifat optional. Artinya, jika kamu suka dengan look yang terlihat dewy, kamu cukup tambahkan powder oil-control selannjutnya blush on/highlighter sebagai finishing. Tapi, jika ingin makeup yang lebih heavy, aplikasi loose powder akan diperlukan. Namun, walaupun heavy, wajah akan tetap terlihat cantik natural, karena disitulah letak best-point dari cushion ini.

 

Kamu punya rekomendasi 2 cushion untuk tipe kulit perempuan Indonesia?

Iklim di Indonesia lebih cenderung panas kan? Biasanya kulit dalam kondisi cuaca seperti ini lebih rentan dengan masalah kulit seperti pori-pori dan flek. Saya rekomendasikan Laneige BB Cushion Pore Control. Cushion ini memiliki formula ekstra yang bisa menyamarkan pori-pori dan flek di wajah. Hasil cushion dari Laneige ini juga lebih matte dari produk cushion Korea lainnya. Lainnya, kamu bisa coba cushion dari brand Sulwhasoo. Untuk tipe kulit Indonesia, kamu bisa coba nomor 23 – 25. Jika ingin terlihat lebih tan, kamu bisa coba nomor 33. Jangan khawatir menggunakan cushion warna gelap, karena hasilnya akan tetap membuat wajah terlihat cerah, berbeda dengan foundation. Oh iya, Laneige dan Sulwhasoo cushion juga dilengkapi SPF lho, jadi bisa sebagai pelindung dari paparan sinar matahari juga di tengah iklim Indonesia yang panas. 

 

Terakhir, cushion bisa dipakai untuk contouring juga?

Untuk Korean makeup look, sebenarnya kurang begitu menerapkan teknik contouring. Tapi, cushion juga bisa kok dipakai untuk itu. Kamu bisa gunakan warna cushion paling gelap. Untuk kulit wajah perempuan Indonesia yang lebih gelap dari perempuan Korea, kamu bisa gunakan Laneige cushion (21/23) atau Sulwhasoo cushion (22/23/25) untuk base. Hindari cushion shade-pink, ini warna yang pas untuk tipe kulit warna terang, seperti Korean skin. Untuk contouring, kamu gunakan cushion warna paling gelap, seperti Sulwhasoo 33.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Terjadinya Kerusakan pada Rambut dengan 5 Hal Ini
Artikel Selanjutnya
Atasi Permasalahan Penuaan Dini dengan 5 Tips Paling Efektif Menurut Dermatologis