Sukses

Beauty

Daripada Ikut Trend Sebaiknya Pilih Gaya Makeup yang Sesuai untuk Kita

Jakarta
 

A photo posted by James Kaliardos (@jameskaliardos) on

Layaknya fashion, trend makeup berubah setiap tahun dan hanya berputar. James Kaliardos, makeup artist legendaris yang sudah makan asam garam di dunia fashion sejak era 80-an, dan telah menciptakan banyak beauty look untuk berbagai runway, termasuk Balenciaga, Chanel, Dior, dan Rodarte, membagikan rahasia dan pandangan ke depannya soal trend makeup terbaru.

From runway to real way. Makeup look para model di runway seketika menjadi trend dan secepat kilat dapat dilihat pada gaya perempuan in real life. Kaliardos mengaku saat menciptakan look untuk sebuah runway, ia berdasar pada musim, keinginan sang desainer, dan feeling-nya. Tak ada niat sama sekali untuk menciptakan trend.

Diakui, makeup artist punya andil besar dalam membesarkan trend makeup. Daripada mengikuti trend, menurut Kaliardos, perempuan sebaiknya lebih mengedepankan gaya riasan personal yang membuat dirinya merasa pantas dan nyaman dengan tampilan tersebut. Trend ikut-ikutan, apalagi dengan fenomena banyaknya tutorial makeup online yang membuat gaya makeup semua orang terlihat serupa, bagi Kaliardos lebih baik tak diikuti.

Berjalan mundur ke belakang di tahun 80-an, Kaliardos mengenang perempuan tampil dengan gaya riasan berbeda-beda dan sangat stylish. Berbeda dengan zaman sekarang, dimana diibaratkan enam perempuan tampil dengan gaya yang sama persis, mulai dari gaya rambut sampai gaya makeup. “Kalau begitu, lebih terlihat seperti mannequin. Aneh,” candanya.

Kaliardos sendiri tak yakin dari mana lahirnya trend makeup, entah dari runway, trend yang dipakai selebriti, atau media. Meski begitu, ia mengaku trend hanya berotasi. Trend terkini sejatinya merupakan kembalinya trend dari era-era sebelumnya. Bicara soal trend, ia bahkan tak mengadopsi trend apapun saat menciptakan makeup line kolaborasinya dengan MAC Cosmetics. “And I guess that it’s a larger trend,” ucapnya.

Michelle Obama dan Hillary Clinton menjadi inspirasi dalam melahirkan koleksi makeupnya. “Sangat menarik bagaimana perempuan memakai kosmetik untuk memberdayakan dan mengkomunikasikan sisi diri mereka, yang tidak mereka punya,” jelas Kaliardos.

Warna lipstik yang dihadirkan merupakan empat warna yang paling banyak dipakainya sebagai makeup artist. Kegemarannya akan tampilan fitur wajah ‘tinggi’, dituangkan dalam face kit berupa bronzer, highlighter, dan blush. Makeup should be fun, seperti itulah penggambaran Kaliardos. Itulah sebabnya Kaliardos menambahkan item playful pada koleksi makeup kolaborasinya dengan MAC Cosmetics, yakni lip gloss dan jumbo liquid liner. 

;
Loading