Sukses

Beauty

4 Jenis Asam 'Baik' Sumber Nutrisi Kulit di Skincare Kita

Jakarta Kita sudah tidak asing mendengar kata ‘acid’ pada produk kecantikan. Tapi mungkin kita sedikit kebingungan dengan zat satu ini. Mengingat umumnya acid atau asam dikenal sebagai zat berbahaya yang dapat membakar kulit, mata, dan sistem pernapasan. Misalnya, jenis sulfuric dan hydrofluoric. Namun, faktanya acid jadi kandungan yang paling dicari pada produk kecantikan. Karena ada jenis acid ‘baik’ yang bermanfaat bagi kulit. Berikut daftar lengkapnya.

Hyaluronic Acid

Saat kulit dehidrasi, zat satu ini yang harus dicari. Hyaluronic acid (HA) bekerja sebagai magnet yang dapat mengunci kelembapan kulit hingga 1000 kali lebih kuat. Fungsi acid jenis satu ini hanya dapat memberi kelembapan, tidak bisa mengeksfoliasi. Bisa digunakan pada pagi dan malam hari.

Who needs it?

Semua orang. Karena HA sangat baik mengkatalisasi tingkat kelembapan kulit. Memberi hasil kulit lebih kenyal, kencang, dan lembut. Sehingga kandungan ini jadi solusi bagi yang ingin miliki kulit awet muda.

Products to try:

1. Astalift Day Protector SPF35

2. Hada Labo Tokyo Replenishing Hydrator

3. Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Complex II

4. Indeed Labs Hydraluron Moisture Booster

 

Glycolic Acid

Merupakan bagian dari Alpha Hydroxy Acid (HA), namun lebih ringan. Biasanya diekstrak dari tebu. Kerjanya mengeksfoliasi, sehingga dapat mengikis kulit mati untuk hasil kulit lembut dan cerah. Produk dengan kandungan glycolic acid baiknya digunakan pada malam hari sebelum tidur untuk membantu proses regenerasi sel. Yang perlu diingat, pastikan memakai SPF di pagi harinya karena glycolic acid membuat kulit jadi lebih rentan rusak akibat paparan sinar matahari.

Who needs it?

Glycolic acid punya fungsi beragam. Untuk wajah berjerawat, ia bisa mengeksfoliasi, mengangkat sisa kotoran dan memudarkan penampakan noda hitam bekas jerawat. Karena berfungsi sebagai eksfoliator, glycolic acid juga baik sebagai perawatan anti-aging untuk menghaluskan kerutan wajah.

Caution:

Glycolic acid biasanya diukur dalam hitungan persen dan kadarnya berbeda untuk setiap produk. Kulit sensitif baiknya pilih produk dengan konsentrasi yang kecil seperti 3-5%. Ingin manfaat lebih, cari dengan kadar 10%.

Products to try:

1. Drunk Elephant's T.L.C. Framboos Glycolic Night Serum

2. Indie Lee Clearing Mask

3. Mostly exfoliating pads

4. StriVectin Dual Phase Peel

 

Lactic Acid

Jenis AHA lainnya, bersifat ringan (lebih ringan dari glycolic acid), dan bekerja di lapisan terluar kulit sehingga dapat mengikis kulit mati. Di samping itu, dapat memudarkan noda hitam dan menjaga kulit tetap lembap. Dipakai semakin lama dapat meningkatkan produksi kolagen kulit.

Who needs it?

Perfect for dry sensitive skin. Memberi dua manfaat utama, mengikis kulit mati sekaligus melembapkan.

Caution:

Seperti AHA lainnya, pemakaian lactid acid baiknya dilakukan di malam hari dan harus diikuti dengan pemakaian SPF di pagi hari.

Products to try:

1. Sunday Riley Good Genes Treatment

2. Dermalogica Total Eye Care

3. Philosophy’s Miracle Worker Miraculous Anti-Aging Lactic Acid Cleanser & Mask

 

Salicylic Acid

Nama yang sangat familiar, terutama bagi yang bermasalah dengan jerawat. Salicylic acid bekerja melepaskan lem yang mengikat kulit mati hingga ke dalam pori-pori dan mengurangi minyak berlebih. Fungsinya sebagai anti-inflamasi membantu meredakan kulit iritasi.

Who needs it?

Yang sedang berjuang dengan jerawat, terutama jerawat dewasa. Karena dapat membersihkan ke dalam pori-pori.

Caution:

Dapat membuat kulit sangat kering bagi si pemilik kulit kering dan sensitif.

Products to try:

1. Clinique Smart Custom Serum

2. Mario Badescu Anti Acne Serum

3. Origins Spot Remover Blemish Treatment Pads

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Jenis Sheet Mask yang Berikan Tambahan Manfaat Selain Anti Aging
Artikel Selanjutnya
Top 10 Makanan Anti-aging Ini Bikin Tubuh Awet Muda Alami