Sukses

Beauty

Acne Prone Faktanya Termasuk Masalah Kulit, Bukan Jenis Kulit

Jakarta Sering melihat label acne prone di produk kecantikanistilah satu ini masih banyak salah diartikan. Beberapa dari kita mungkin beranggapan acne prone adalah jenis kulit berjerawat yang disebabkan oleh produksi minyak. The truth is, acne prone bukanlah jenis kulit. Tapi masalah kulit.

Benar memang, tipe kulit berminyak lebih mudah mengalami kondisi mudah berjerawat. Namun, tidak jarang pula kita yang memiliki tipe kulit kering rentan dengan masalah jerawat di kulit wajah. Lebih jelas tentang pengertian masalah kulit ini, find the answer below.

>> Jadi, apa itu acne prone?

Acne prone adalah masalah kulit yang umumnya disebabkan oleh bakteri (tidak hanya hormon) dan sering dialami oleh tipe kulit sensitif. Jadi, yang termasuk tipe kulit di sini adalah “sensitif” dan acne prone adalah masalah kulit yang dialami oleh kulit sensitif. Kategori kulit sensitif pun ada dua. Pertama kulit berminyak-sensitif. Kedua, kulit kering-sensitif. Itu sebabnya, acne prone tidak hanya bisa dialami oleh kulit berminyak. Kulit kering pun rentan dengan masalah jerawat yang menganggu penampilan ini.

>> Treatment apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah kulit yang acne prone

Beberapa skincare menyediakan krim 2 in 1. Jika kita memerhatikan dengan detail tiap jenis-jenis skincare, kita akan menemukan skincare untuk masalah kulit acne prone + oily skin dalam 1 kemasan. Untuk tipe kulit berminyak, mungkin skincare 2 in 1 itu dapat bekerja dengan baik. Bagaimana dengan kulit kering?

Kulit kering, hindari menggunakan skincare yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylid acid. Dua kandungan tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Gunakan skincare yang mengandung galactoarabinan.

Fungsinya adalah untuk memberi kelembaban pada kulit, dan non-comedogenic. Kita bisa menemukan kandungan skincare itu di dalam produk kecantikan seperti, toner, essence, serum, dan pelembab wajah pagi dan malam hari.

>> Selain menggunakan skincare, apakah ada perawatan kulit lainnya yang harus disiplin kita lakukan?

Umumnya, jerawat yang disebabkan oleh bakteri, lebih mudah hilang daripada jerawat yang disebabkan oleh pengaruh hormon. Jerawat yang dipicu oleh bakteri dapat segera hilang jika kita teliti menjaga kebersihan wajah. Dari membersihkan wajah, pemakaian skincare, kebersihan tangan, dan yang sering terabaikan adalah kebersihan tempat tidur, seperti sarung bantal, seprei, dan selimut. 

Lainnya, jika sudah mengetahui tipe kulit kita adalah sensitif, dan rentan dengan munculnya jerawat di wajah, jagalah kebersihan kulit dengan disiplin membersihkan wajah.

Aturan membersihkan wajah pun berlaku untuk masalah kulit berjerawat. Hindari membersihkan wajah dengan menggosok kulit terlalu kuat. Pembersih wajah dengan kandungan scrub, sebaiknya dihindari, karena butiran scrub mudah memicu iritasi pada kulit. Sebaiknya gunakan pembersih wajah jenis foam atau gel. Tekstur lembut dari busa yang dihasilkan lebih aman untuk kulit wajah tipe sensitif.

 

BACA JUGA: 

Masker Apel, Senjata Chrissy Teigen Atasi Jerawat Saat Menstruasi

Sedang Populer, Rose Water Spray untuk Lembabkan dan Hilangkan Bekas Jerawat

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading