Sukses

Beauty

Cica, Tanaman Ajaib yang Berfungsi Banyak untuk Kecantikan Kulit

 

Jakarta Beberapa tahun terakhir banyak sekali merek skincare yang mengeluarkan produk dengan bahan utama Hyaluronic Acid, yang berfungsi untuk melembapkan dan menghidrasi kulit. Selain itu pembersih wajah micellar water juga jadi primadona beberapa tahun terakhir, dan sekarang cica (Centella Asiatica) atau yang biasa kita sebut tanaman pegagan sedang hangat dibicarakan oleh skincare enthusiast.

Kenapa banyak orang tertarik dan beralih menggunakan skincare berbahan cica?

 

Cica adalah tanaman liar yang biasa tumbuh di perkebunan, ladang atau tepi jalan di negara tropis seperti Indonesia. Biasanya cica ini dipakai untuk pengobatan herbal atau sebagai lalapan di daerah tertentu, bentuknya seperti daun clover berwarna hijau. Harimau juga biasanya suka berguling-guling di atas tanaman cica untuk menyembuhkan lukanya, ini berarti bisa juga digunakan untuk menyembuhkan kulit manusia bukan?

Menurut Dr Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis Departemen Dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York City. "Telah terbukti membantu meredakan peradangan melalui kandungan antioksidan yang kuat dan membantu meningkatkan penyembuhan luka," cica juga dikenal sebagai bahan pengobatan tradisional di Bangkok dan di dunia kedokteran Barat tanaman ini populer sebagai perawatan kulit yang efektif.

Untuk perawatan kulit cica ini berfungsi untuk mencegah kerutan, kekeringan kulit, eksim, rosacea, dan penggunaan produk perawatan kulit yang terlalu keras. Skincare yang mengandung cica dapat melindungi kulit agar tetap lembap, bebas kerutan dan berseri. Cica banyak digunakan sebagai bahan dasar moisturizer, krim dan balm. Misalnya beberapa merek skincare Korea yang mengeluarkan produk berbahan cica seperti: Dr. Jart+, Innisfree, Klairs, Cosrx atau dari barat ada Loreal dan Sariayu dari merek lokal yang ditargetkan untuk memperbaiki tekstur kulit.

 

Baca juga:

Makeup Mengandung Mineral Baik Untuk Kulit Pori-Pori Besar

Tips Temukan Sunscreen Tepat Sesuai Jenis Kulit

 

Loading
Artikel Selanjutnya
11 Tren Rambut 2020 yang Akan Terlihat di Mana-mana
Artikel Selanjutnya
Tren Kecantikan 2020 yang Harus Kamu Coba Sesuai Zodiak