Sukses

Beauty

Mana Yang Benar Pakai Sunscreen Sebelum atau Setelah Moisturizer?

 

Jakarta Memutuskan untuk rutin memakai skincare, tentu tak cukup satu tahapan atau satu produk saja. Untuk mendapatkan hasil maksimal, perlu beberapa tahapan skincare yang digunakan. Misalnya, memakai toner sebelum pelembap dan sunscreen di pagi hari. Ternyata tak semudah itu aturannya, masih menjadi perbincangan menarik para dermatolog. Mana yang lebih tepat memakai sunscreen sebelum atau setelah moisturizer?

Seperti yang dilansir oleh Allure, Joshua Zeichner direktur kosmetik dan penelitian klinis  dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City mengatakan "Generally speaking, the ingredients in a chemical blocker need to be absorbed into the skin so that they can do their job,"dengan kata lain SPF baiknya lebih dulu dipakai. "You do not want to apply anything that will interfere with their penetration" tambah Zeichner.  Misalnya pelembap wajah yang cukup tebal akan menjadi penghalang antara kulit dan SPF yang bertujuan untuk melindungi kulit.

Tapi tak semua dermatolog setuju, tetap ada beberapa orang yang beragumen bahwa memakai sunscreen itu baiknya setelah pelembap pagi. Karena menurut Sejal Shah, dokter kulit bersertifikat di New York City berpendapat "When moisturizer is applied after sunscreen, it can actually change the properties of your sunscreen. It can also alter the way that UV rays meet your skin”. Menurutnya krim skincare apapun yang diaplikasikan setelah sunscreen akan mengubah cara kerja sunscreen menjadi tak maksimal lagi.

Jadi, Kesimpulannya mana yang lebih baik? Simak ulasan berikut ini.

 

Chemical vs. Mineral Sunscreen

Jenis sunscreen yang kita pilih bisa jadi penentu, apakah sebaiknya di dahului moisturizer atau tidak? Karena setiap merek kecantikan, bahannya berbeda-beda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, sunscreen jenis chemical seperti Neutrogena Ultra Sheer Liquid Sunscreen Broad Spectrum SPF 70 ini bekerja dengan cepat meresap pada kulit dan disarankan single use only. Sementara sunscreen jenis mineral seperti La Roche-Posay Anthelios Mineral SPF 50 Sunscreen, meninggalkan tekstur seperti kapur saat kita menggosoknya. Ini berpengaruh pada cara bekerja saat melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen dengan bahan mineral seperti ini dapat digunakan setelah memakai moisturizer.

 Baca juga: Castor Oil, Minyak Herbal yang Mampu Perpanjang Bulu Mata dan Cegah Jerawat

Karena Kebocoran Data Jutaan Pengguna, Facebook Terancam Diblokir di Indonesia

Multitasking SPF

Lalu bagaimana dengan pelembap yang sudah mengandung SPF? Apakah masih perlu menggunakan sunscreen lagi? Mengingat banyak krim pelembap pagi yang diformulasikan dengan sunscreen. Menurut Zeichner, ini kembali pada preferensi pribadi masing-masing. Bisa ditambahkan sunscreen lagi atau hanya memakai pelembap saja, disarankan minimal pakai sunscreen dengan SPF 30.

Kesimpulan

Jadi, sebaiknya memakai sunscreen sebelum atau sesudah pelembap? Menurut Zeichner dan Shah setuju bahwa butuh sedikit trik untuk memakainya. Mereka menyarankan, aplikasikan pelembap terlebih dahulu, biarkan meresap dan akhiri dengan sunscreen pilihanmu baik itu chemical ataupun mineral.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading