Sukses

Beauty

Trend Bulu Mata LED, Buat Mata Bersinar Seperti Lampu Disko

Jakarta Masih ingat bulu mata LED yang viral di Instagram? Terlihat menarik, ya. Bulu mata yang bersinar jadi lebih on point. Cocok dipakai untuk pesta kostum, Halloween, atau sekadar foto dan video seru-seruan di Instagram. Meski bulu mata yang dilengkapi sinar lampu ini terbilang inovatif dan unik, sayangnya penggunaannya memiliki efek buruk bagi mata.

Paparan sinar UV yang terus-menerus dari bulu mata LED dapat mengakibatkan katarak dan degenerasi makula, seperti yang dikatakan ophthalmology dari sebuah rumah sakit di Thailand. Katarak membuat penglihatan jadi kabur seolah ditutupi kabut, sedangkan degenerasi makula mengaburkan penglihatan di pusat mata. Jika sering digunakan, strip LED yang tertempel di garis bulu mata akan memancarkan sinar panas tingkat rendah yang menyebabkan mata kering dan mempercepat munculnya keriput di area mata.

F.Lashes adalah yang pertama mempopulerkan LED eyelashes ini. Meski memiliki efek negatif, produk ini masih diperbolehkan dijual di pasaran, namun dengan berbagai peringatan, seperti konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika memiliki photosensitivity dan epilepsi. F.Lashes sendiri mengklaim produknya tidak menghasilkan panas sehingga tidak merusak mata. Meski begitu, sudah banyak bulu mata LED sejenis yang dijual secara online, yang belum diketahui aman atau tidak ketika dipakai.

Trend LED eyelashes memang sudah tidak se-hip beberapa bulan lalu. Tapi bila ingin mencobanya untuk seru-seruan saja (datang ke pesta kostum, misalnya), pastikan memperhatikan kondisi mata dan tidak memakainya terlalu sering.

Photo: F.Lashes/Kickstarter

 

BACA JUGA:

Extension Bulu Mata Mudah Rontok dan Kena Bakteri Jika Tidak Dirawat dengan Benar

;
Loading