Sukses

Beauty

Lima Bahan Makeup Ini Memicu Risiko Kanker Kulit

Jakarta Memperhatikan tiap bahan-bahan yang terdapat di dalam alat makeup harian yang kita gunakan itu penting. Jangan hanya tergiur dengan hasil yang ditawarkan oleh makeup yang akan dibeli. Di samping tawaran yang menggiurkan tersebut, ada beberapa bahan kandungan makeup yang berbahaya, dan ini memicu kita terserang kanker kulit. Apa saja?

Formaldehida

Disebut juga sebagai formalin, bahan kimia untuk pengawet mayat. Fungsinya adalah untuk membunuh kuman yang ada di dalam tubuh mayat. Jika digunakan sebagai bahan pembuat makeup, maka pengguna makeup tersebut akan berisiko terkena kanker. Ini disebabkan karena di dalam formalin mengandung karsinogenik, yang tidak lain adalah zat pemicu berkembangnya kanker.

Paraben

Zat berbahaya yang sudah sering terdengar namun masih sering diabaikan. Penggunaan paraben berlebihan di dalam makeup tidak hanya akan memicu tumbunnya sel kanker di dalam tubuh, namun juga menyebabkan gangguan reproduksi dan imunitas.

Logam Berat

Sering digunakan di dalam bedak, pewarna kuku, lipstik, lip gloss, eyeliner dan maskara. Logam berat mengandung merkuri, aluminium, seng, kromium dan besi. Semua jenis logam tersebut memiliki dampak buruk untuk kesehatan kulit. Khususnya merkuri, yang bisa beresiko buruk untuk reproduksi dan pemicu kanker.

Ethoxylated

Kandungan bahan kimia berbahan tidak hanya menyebabkan kanker kulit, namun juga dapat menyerang payudara. Ethoxylated merupakan zat kimia yang mengandung karsinogenik yang rentan menyerang sel-sel di payudara.

Phthalates

Fungsinya untuk mengawetkan warna dan memberi aroma pada makeup. Penggunaan berlebihan dari zat ini beresiko buruk bagi kesehatan kulit, seperti kulit memerah, gatal, dan yang terburuk adalah kanker kulit.

 

BACA JUGA: 

Sudah Tahu Manfaat Kopi untuk Lawan Kanker Kulit?

Ternyata, Makeup Juga Bisa Jadi Salah Satu Pemicu Kanker Kulit

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading