Sukses

Beauty

Kulit dan Rambut Lebih Berkilau dengan Konsumsi 10 Makanan Ini

Jakarta Anda adalah apa yang Anda makan, termasuk keadaan kulit dan rambut. Makanan jelas memiliki pengaruh penting pada tubuh Anda.

Jika Anda menginginkan kulit dan rambut yang lebih bersinar, dilansir dari huffingtonpost.com, Senin (28/5/2018), berikut ini adalah beberapa makanan yang harus Anda konsumsi secara rutin. Penasaran apa saja?

1. Dark chocolate

Cokelat tidak menyebabkan jerawat. Bahkan, banyak penelitian yang membuktikan bahwa dark chocolate dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Cokelat mengandung antioksidan dan anti penuaan yang disebut flavonoid, dapat melawan radikal bebas untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Selain itu, cokelat juga dapat mencegah munculnya keriput, garis halus, dan perubahan warna kulit.

2. Kenari

Kacang kenari mengandung nutrisi seperti asam lemak omega 3 dan vitamin E yang dapat membantu kulit tetap halus dan kenyal. Kacang kenari juga dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari dan membuatnya tetap berkilau.

3. Bayam

Bayam mengandung tiga dosis antioksidan dan anti kerutan, seperti vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Semua kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari sinar UV.

4. Kacang polong

Kacang polong merupakan sumber protein dan zat besi yang baik. Kacang polong dapat membantu pertumbuhan rambut.

5. Biji chia

Biji chia mengandung protein, serat, dan kaya akan omega 3, kandungan yang baik untuk kulit dan rambut. Biji chia dapat menyerap air 12 kali lebih berat, sehingga Anda juga akan merasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsinya.

6. Almond

Almond kaya akan kandungan flavonodi dan vitamin E, sangat penting untuk kesehatan kulit. Almond dapat membantu menangkal kerusakan akibat radikal bebas dan oksidatif karena merokok.

Almond juga merupakan sumber serat dan protein. Kandungan mangan dan selenium di dalamnya dapat membantu menjaga rambut Anda tetap berkilau.

7. Biji rami

Biji rami adalah sumber dari asam lemak omega 3. Beberapa studi menyebutkan bahwa asam lemak omega 6 dan omega 3 dapat membantu mencegah dan mengobati kondisi kulit seperti eksim dan jerawat.

Sifat anti inflamasi dari omega 3 juga dapat mempertahankan tingkat peremajaan sel kulit yang sehat. Sudah pernah mencoba mengonsumsi biji rami?

8. Alpukat

Alpukat adalah kunci untuk membuat rambut, kulit, dan kuku yang lebih sehat. Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat akan membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Alpukat juga mengandung antioksidan, serat, kalium, magnesium, folat, dan potasium yang lebih banyak daripada pisang. Apa Anda juga suka mengonsumsi alpukat?

9. Berry

Berry kaya akan agen anti inflamasi dan vitamin yang membantu melindungi kulit dari penuaan dini. Antioksidan dalam buah berry dapat membantu meminimalisir kerusakan akibat radikal bebas.

Buah berry dikemas dengan vitamin C, menjaga kulit tetap kuat. Ada juga kandungan asam askorbat yang sangat penting untuk produksi kolagen, protein yang membantu pertumbuhan sel, dan pembuluh darah.

10. Rumput laut

Rumput laut mengandung zat besi dan fitonutrien. Semua nutrisi di dalamnya dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang cantik dan kenyal.

Kandungan besi, mangan, yodium, tembaga, seng, asam lemak omega 3, dan selenium dalam rumput laut sangat penting untuk rambut, kulit, dan kuku. Anda bisa menikmati rumput laut dengan mencampurnya sebagai salad.

Foto window oleh Nicoline Patricia Malina untuk Majalah BATIK FIMELA

Penulis: Annissa

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading