Sukses

Beauty

7 Manfaat Peppermint Oil Ini Sangat Memudahkan Hidup

Fimela.com, Jakarta FIMELA pernah membahas kegunaan essential oil. Mulai dari fungsi terapi, menyembuhkan flu, hingga pemijatan dengan teknik rintik hujan. Kali ini FIMELA ingin membahas lebih mendalam tentang salah satu jenisnya, yakni peppermint oil. Minyak yang diekstrak dari daun peppermint ini boleh dikatakan jenis minyak yang versatile, dalam artian kegunaannya sangatlah beragam dan fleksibel seperti jabaran berikut.

Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Tenggorokan yang terasa tak enak karena flu bisa disembuhkan dengan cara menambahkan dua tetes peppermint oil ke dalam segelas air hangat, lalu campur dengan setengah sendok teh garam. Gunakan campuran ini untuk berkumur.

Scrub Wajah

Salah satu keunggulan peppermint oil adalah dapat membersihkan dan merawat kulit. Jadi, mengapa tidak kita campurkan pada scrub wajah buatan sendiri? Campurkan 4-5 tetes peppermint oil, satu sendok makan garam Himalaya, dan dua sendok makan tamanu oil (atau olive oil). Angkatlah sel kulit mati dengan scrub ini untuk kulit yang segar, halus, dan bercahaya.

Mengurangi Gatal

Kulit gatal habis digigit serangga? Peppermint oil dapat menolong. Larutkan peppermint oil dengan air hangat, lalu oleskan pada bagian kulit yang gatal. Bisa juga campur beberapa tetes peppermint oil dengan minyak kelapa atau tea tree oil untuk efek lebih menyembuhkan.

Mengatasi Jerawat

Fungsi anti-bakteri pada peppermint oil sangat ampuh melawan jerawat. Cukup larutkan ke dalam air, lalu gunakan sebagai spot treatment, oleskan langsung di jerawat dan biarkan semalaman.

Menyehatkan Rambut

Bahkan peppermint oil bisa untuk keramas. Tambahkan beberapa tetes peppermint oil pada shampoo, dan keramaslah. Fungsi antiseptik membuatnya efektif membersihkan kulit kepala secara sempurna. Dicampurkan dengan minyak kelapa sebagai masker rambut, peppermint oil bantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Menyembuhkan Luka Bakar Sinar Matahari

Sengatan sinar matahari yang tajam buat kulit terbakar dan iritasi, atasi dengan cara menyemprotkan campurna 20 tetes peppermint oil dengan 100 ml air bersih. Peppermint oil akan mempercepat penyembuhan kulit.

Loading