Sukses

Beauty

Aturan Gunakan Sunscreen yang Benar dari Ahli Dermatologi

Fimela.com, Jakarta Mana yang tepat memakai sunscreen sebelum atau sesudahnya?

Dilansir oleh Allure, Joshua Zeichner direktur kosmetik dan penelitian klinis dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City mengatakan "Generally speaking, the ingredients in a chemical blocker need to be absorbed into the skin so that they can do their job. You do not want to apply anything that will interfere with their penetration" dengan kata lain SPF sebaiknya digunakan lebih dulu sebelum moisturizer. Pelembap wajah yang cukup tebal akan menjadi penghalang antara kulit dan SPF yang bertujuan untuk melindungi kulit.

Tapi tak semua dermatolog setuju akan pendapat itu. Sejal Shah, dokter kulit bersertifikat di New York City berpendapat "When moisturizer is applied after sunscreen, it can actually change the properties of your sunscreen. It can also alter the way that UV rays meet your skin”. Menurutnya krim skincare apapun yang diaplikasikan setelah sunscreen akan mengubah cara kerja sunscreen menjadi tak maksimal lagi. 

Lalu, sebaiknya mana yang lebih baik? Menggunakan sunscreen sebelum moisturizer atau sesudahnya? Ternyata semua tergantung dari jenis sunscreen yang kita gunakan. Sama seperti kebutuhan kulit wajah. Berbeda tipe kulit; kering, berminyak, berjerawat, dan sensitif, kebutuhan skincare pun mengikutinya. Begitu juga saat menggunakan sunscreen. 

Sunscreen Chemical vs Mineral Sunscreen

Jenis sunscreen yang kita pilih bisa jadi penentu, apakah sebaiknya di dahului moisturizer atau tidak? Karena setiap merek kecantikan, bahannya berbeda-beda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, sunscreen jenis chemical seperti Neutrogena Ultra Sheer Liquid Sunscreen Broad Spectrum SPF 70 ini bekerja dengan cepat meresap pada kulit dan disarankan single use only. Sementara sunscreen jenis mineral seperti La Roche-Posay Anthelios Mineral SPF 50 Sunscreen, meninggalkan tekstur seperti kapur saat kita menggosoknya. Ini berpengaruh pada cara bekerja saat melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen dengan bahan mineral seperti ini dapat digunakan setelah memakai moisturizer.

Skincare yang Mengandung Sunscreen

Lalu bagaimana dengan pelembap yang sudah mengandung SPF? Apakah masih perlu menggunakan sunscreen lagi? Mengingat banyak krim pelembap pagi yang diformulasikan dengan sunscreen. Menurut Zeichner, ini kembali pada preferensi pribadi masing-masing. Bisa ditambahkan sunscreen lagi atau hanya memakai pelembap saja, disarankan minimal pakai sunscreen dengan SPF 30.

Jadi, sebaiknya memakai sunscreen sebelum atau sesudah pelembap? Menurut Zeichner dan Shah setuju bahwa butuh sedikit trik untuk memakainya. Mereka menyarankan, aplikasikan pelembap terlebih dahulu, biarkan meresap dan akhiri dengan sunscreen pilihan kita baik itu chemical ataupun mineral.

Artikel Selanjutnya
Facekini, Topeng untuk Lindungi Wajah dari Sinar Matahari Saat Berenang
Artikel Selanjutnya
Sebagian Sunscreen Ternyata Bahayakan Lingkungan, Pikirkan Lagi Cara Terbaik Lindungi Kulit