Sukses

Beauty

Perawatan Wajah Malam Hari untuk Hilangkan Kulit Wajah yang Belang

Fimela.com, Jakarta Selain karena paparan sinar UV, sel kulit mati yang menumpuk di wajah, pun menjadi salah satu penyebab warna kulit tidak rata (belang). Titik wajah yang sering terlihat belang biasanya; kening, hidung, bawah mata, kulit area telinga dan leher. Tidak jarang, perempuan yang memiliki tipe warna kulit seperti ini pun merasa tidak percaya diri. Memikirkan solusi? pasti. Ironisnya, dengan begitu banyaknya pilihan skincare yang mudah untuk ditemukan dan disesuaikan dengan kebutuhan wajah kita, masih banyak perempuan yang berpikir, jika menggunakan makeup saja itu sudah cukup. 

Benar memang, makeup seperti foundation atau kerabatnya yang berfungsi sebagai base makeup, dapat menjadi beauty hero untuk menyamarkan kulit wajah tidak rata. Tapi, itu hanya sementara. Kita perlu pertolongan yang dapat menyelesaikan masalah kulit yang tidak hanya dapat menutupi kekurangan, namun dapat mengatasi kekurangan di kulit wajah kita. Setuju? 

Well, dari pengalaman tim beauty FIMELA, 7 langkah ritual perawatan wajah harian ini cukup dapat membantu kita yang bermasalah dengan warna kulit tidak rata. Apa saja?

>> Double Cleansing

Membersihkan wajah 1x saja tidak cukup untuk mengangkat sel kulit mati atau kotoran di kulit wajah. Maksimal, lakukan metode double cleansing. Pertama, bersihkan wajah dengan makeup remover (micellar water, cleansing milk, oil, atau cleansing balm) yang berfungsi untuk mengangkat sisa makeup atau debu dari kulit wajah. Lalu, lanjutnya dengan pembersih wajah kedua (sabun pembersih) yang sesuai dengan tipe kulit wajah; berminyak, kering, berjerawat, atau sensitif. 

>> Exfoliating

Eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dapat dilakukan minimal 2x seminggu.  Untuk kulit sensitif, 1x seminggu itu sudah cukup. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan menggunakan scrub khusus kulit wajah. Scrub wajah dengan gerakan pijat lembut, selama 30 - 60 detik. Jika scrub dilakukan lebih lama, khawatir kulit akan menjadi kering. Sebaiknya, lakukan scrub dengan waktu singkat saja, lalu akhiri dengan membersihkan kulit wajah dengan air biasa. 

>> Toner!

Klik artikel FIMELA ini: "Fakta Mengapa Toner Penting untuk Bersihkan Wajah". Disini, kita akan menemukan jawaban, mengapa penggunaan toner itu penting untuk memaksimalkan perawatan wajah. 

>> Essence

Beberapa dokter kulit wajah yang pernah FIMELA temui, menjelaskan jika pemakaian essence setelah toner, itu bersifat optional. Namun, untuk kita yang memiliki tipe kulit wajah kering, essence akan sangat membantu memberi kelembapan ekstra pada kulit. 

>> Serum

Selain melembapkan, serum dapat mencerahkan kulit wajah. Caranya, saat menggunakan serum berikan pijatan lembut pada wajah. Ini membantu agar nutrisi pada serum diserap oleh kulit dengan baik dan peredaran darah pun lancar. Untuk menyamarkan kulit wajah tidak rata, kita bisa menggunakan serum yang mengandung vitamin C atau Hyluronic Acid. 

>> Eye Cream

Eye cream pun penting digunakan di malam hari. Jika siang hari fungsinya untu melindungi, di malam hari, eye cream berfungsi untuk merawat kulit. Eye cream di malam bekerja untuk meregenerasi kulit agar terlihat cerah kulit lebih elastis (kencang). 

>> Moisturizer

Pilihlah moisturizer yang mengandung star ingredients, seperti Ginger root, Rosehip oil, Calendula, ekstrak biji anggur, Coenzyme Q10, dan banyak lagi. Deretan ingredients itu berfungsi untuk melembapkan, antioksidan, meratakan warna kulit, plus meminimalisir garis-garis halus. 

Artikel Selanjutnya
Rutinitas Skincare Rekomendasi Ahli Dermatologi untuk Anti-Aging
Artikel Selanjutnya
Mencuci Wajah dengan Sparkling Water, Pernah Coba?