Sukses

Beauty

Puasa Skincare, Bisa Jadi Solusi Atasi Kulit Wajah Stres

Fimela.com, Jakarta Dilema kulit wajah ini sempat dialami oleh tim FIMELA. Kulit wajah yang sebelumnya sangat jarang bermasalah dengan jerawat, tiba-tiba diserang oleh jerawat  berukuran besar di area pipi kanan.

Jerawat berkembang dari bentuk terkecil (bruntusan) sampai terbesar (menyerupai jerawat batu). Jumlahnya memang tidak banyak, namun skin problem ini sangat menganggu. Tidak hanya penampilan, rasanya menggunakan skincare harian pun tidak nyaman.

What should we do?

Fimela berkunjung ke sebuah klinik kecantikan bernaman “Skinthestic”. Berkonsultasi dengan dokter ahli, ini fakta kulit yang berhasil ditemukan.

Tekstur kulit?

Termasuk jenis kulit berminyak. Namun, cukup baik dan terkontrol. Elastisitas kulit seperti kekenyalan, kelembapan, cukup baik. Dokter bertanya, bagaimana dengan pemakaian skincare sehari-hari. Layering skincare dari cleanser, toner, serum, pelembap, sampai sunscreen terjaga dengan baik. Menjelaskan lebih detil, dokter menyimpulkan:

...mungkin kulit wajah sedang mengalami stres.

Apa penyebabnya?

Melihat kondisi kulit yang cukup sehat, ditambah dengan disiplin merawat dan melindungi kulit wajah, bisa jadi kulit sedang stress. Ini masalah kulit normal yang sering dialami oleh perempuan di negara tropis.

Sinar UV, debu, dan polusi pun turut menjadi penyebabnya. Intensitas matahari di negara kita, di tiap harinya tidak lah sama. Begitu juga dengan tingkat debu dan polusi, terlebih dari asap kendaraan dan asap rokok.

Faktor lainnya, lifestyle kita sehari-hari. Makanan dan minuman yang kita konsumsi pun turut mempengaruhi daya tahan kulit. Konsumsi makanan sehat, seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Dua jenis makanan itu sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Begitu juga dengan asupan air mineral. Minimal 8 gelas sehari, bukanlah statement pola hidup sehat semata, namun itu fakta dan berpengaruh besar untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Next, pola tidur. Perawatan wajah apapun yang kita gunakan tidak akan bekerja dengan baik jika pola tidur tidak teratur. Jika waktu tidur 8 jam/hari tidak dapat dipenuhi, minimal lakukan tidur selama 6 jam.

Solusinya?

Jangan terburu-buru mengganti rangkaian skincare. Kulit wajah stres akibat debu dan polusi bisa diatasi dengan puasa skincare. Artinya, kulit tetap memerlukan asupan skincare. Hanya saja, tahapan skincare harus dikurangi.

Skincare apa saja yang dibutuhkan?

Pagi hari: Cleanser – toner – serum – eye cream - pelembap – sunscreen.

Malam hari: Double Cleansing – toner – serum – pelembap.

Catatan: pastikan semua skincare tidak mengandung scrub, yang berfungsi untuk eksfoliasi kulit. Juga tidak mengandung retinol yang berfungsi untuk meregenerasi sel kulit baru. Selama kulit mengalami stres, hindari skincare yang bersifat agresif, termasuk spot treatment.   

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Review: Makeup Lokal Halal, NUURON Kosmetik
Artikel Selanjutnya
Apa Itu Barrier Kulit, dan Mengapa Penting untuk Menjaganya