Sukses

Beauty

Tahapan Skincare untuk Kulit Perempuan di Negara Tropis

Fimela.com, Jakarta Kita peminat Korean Beauty, istilah layering skincare ini tentu tidak asing lagi. Untuk melakukan perlindungan dan perawatan wajah, satu produk saja tidak cukup. Agar memberi hasil maksimal, tiap produk skincare memerlukan pasangannya, agar dapat bekerja dan memberi hasil baik pada kulit. 

Mengapa kita memerlukan lebih dari satu produk skincare? Tidak ada jawaban boros untuk pertanyaan ini. Layaknya laki-laki dan perempuan yang diciptakan untuk berpasangan, begitu juga skincare. Dari skincare yang berfungsi sebagai pembersih, pencerah, pelembap, sebagai pelengkap nutrisi yang dibutuhkan kulit, semua skincare membutuhkan pasangan untuk melengkapi fungsinya saat digunakan di kulit. Menarik ya?

Lalu, teknik layering skincare seperti apa yang tepat untuk kulit perempuan Indonesia? Well, berhubung negara kita memiliki intensitas paparan sinar UV tinggi, artinya kulit memerlukan perlindungan ekstra dari sinar UV.

Step 1 >> Cleanser + Toner (repeat at night)

Cleanser bertugas membersihkan kulit wajah di lapisan kulit terluar; mengangkat sisa makeup dan debu. Toner menyempurnakan kebersihan kulit sampai lapisan kulit dalam. Toner pun akan membantu kulit agar mudah menerima asupan nutrisi dari skincare yang akan kita gunakan selanjutnya.

Step 2 >> Serum + Moisturizer (repeat at night)

Jika ada awards untuk pasangan skincare terbaik yang memang memberi hasil nyata untuk kulit, serum dan moisturizer adalah pemenangnya. Kulit membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang dapat diserap sampai ke lapisan epidermis terdalam. Jika kita hanya menggunakan moisturizer, nutrisi yang terkandung di dalamnya hanya dapat diterima sampai lapisan kulit terluar saja.

Dengan serum, ia akan membuka pintu jaringan sel-sel pada kulit agar mudah menerima asupan nutrisi yang terkandung di dalam moisturizer. Dengan nutrisi yang cukup dan seimbang, serum pun akan mampu bertugas untk memperbaiki struktur kulit agar dapat lembap, cerah, menyamarkan flek hitam dan warna kulit yang tidak rata, sehingga kulit terlihat sehat dan muda.

Step 3 >> Eye Cream (repeat at night)

Untuk tahap pemakaian eye cream, Korean Beauty dan Eropa memiliki prinsip berbeda. Korean Beauty menganjurkan menggunakan eye cream sebelum serum. Sedangkan, perempuan di Eropa, seperti Perancis, menganut prinsip jika eye cream lebih baik digunakan sesudah serum.

Which one are you? #teameyecreambeforeserum or #teameyecreamafterserum???

Step 4 >> Sunscreen

Selama matahari belum terbenam, kulit tetap membutuhkan perlindungan. Aplikasikan sunscreen 15 menit sebelum keluar ruangan. Hindari kebiasaan menggunakan sunscreen sayat kulit terpapar matahari langsung. Itu tidak akan membuat sunscreen bekerja dengan baik. Untuk sehari-hari, dianjurkan menggunakan sunscreen dengan SPF 30 PA +++/++++.

Step 5 >> Face Mist atau Face Spray

Bersifat optional, namun akan sangat membantu kulit untuk terlihat sehat dan segar, apalagi saat matahari sedang terik. Selain panas, udara lembap dan kering pun menjadi ciri khas negara tropis. Semprotkan face mist saat kulit mulai tidak nyaman (kering, panas, atau memerah akibat cuaca). Fyi, selain untuk menyegarkan dan melembapkan, face mist pun dapat menjaga makeup tahan lama.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Review: Sunscreen Dermalogica, Solar Defense SPF50
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Pelembap yang Dibutuhkan Kulit Wajah Sensitif