Sukses

Beauty

3 Tips Rutinitas Skincare Paling Praktis untuk Penggemar Naik Gunung

Fimela.com, Jakarta Mendaki gunung, artinya harus siap dengan perubahan suhu ekstrem dan tata cara ‘hidup’ yang penuh kepraktisan. Suhu jadi semakin dingin, kulit mendadak kering. Belum lagi bagi yang memiliki problematika kulit, seperti jerawat dan mudah iritasi. Harus ada strategi khusus agar tidak melewatkan rutinitas skincare meski sedang ‘repot-repotnya’ di alam bebas.

You can bring all skincare products you need. Namun supaya tidak memakan banyak tempat di tas, FIMELA sarankan untuk menyempitkan rutinitas skincare menjadi 3 produk saja (karena rasanya sangat tidak mungkin melakukan 5-10 langkah skincare di gunung). Berikut dengan trik to make everything as simple as possible, namun tetap tidak melupakan kepedulian terhadap lingkungan.

Versatile Cleanser

Daripada membawa bermacam-macam sabun, lebih baik bawa cleanser yang dapat dipakai untuk wajah, badan, dan rambut sekaligus. Seperti Dr. Bronner’s Pure-Castile Liquid Soap, yang bahkan bisa dipakai untuk cuci tangan, piring, dan lain sebagainya. Cukup bawa di botol kecil, karena sedikit tetes sudah cukup membersihkan segalanya. Sabun serba-guna ini memang agak keras bagi sebagian orang, tapi sangat praktis dibawa backpacking. Apapun jenis sabun yang dibawa, pastikan bersifat biodegradable atau mudah terurai secara biologis agar tidak mencemari lingkungan.

Alternatif lain adalah cleansing wipes. Tidak perlu dibilas dengan air, hasilnya wajah dan badan bersih. Yang perlu diingat, kita harus bertanggungjawab membawa tissue bekas pemakaiannya pulang. Peduli lingkungan artinya tidak meninggalkan sampah di gunung. Jika tidak ingin menenteng sampah, kita bisa bawa kain microfiber yang dapat dipakai berulang. Tinggal basahi dengan micellar water dan pakai untuk membersihkan wajah dan badan.

Moisturizer

Kita akan terekspos udara dingin dan angin kencang di gunung. Alhasil, kulit jadi kering, bersisik, dan pecah-pecah. Untuk mencegah hal ini terjadi, selalu sediakan moisturizer dengan manfaatnya yang super melembapkan namun tidak meninggalkan kesan lengket, seperti First Aid Beauty’s Ultra Repair Cream. Pilihan lain, bawa balm serba-guna yang bisa dipakai di wajah, bibir, dan bagian tubuh lainnya. Moisturizer apapun, pastikan bawa kemasan travel-nya. Jika tidak tersedia, bisa kita pindahkan ke container kecil, misalnya tempat kontak lensa atau botol/jar kecil.

Must: SPF

Tidak bisa dinegosiasi: sunscreen adalah sebuah keharusan. Apalagi saat di gunung, selain di tenda, kita terus-terusan berada di luar ruangan, yang artinya sinar matahari dengan lahapnya ‘memakan’ kulit kita. Pastikan bawa sunscreen dengan SPF tinggi. Agar lebih praktis, bisa bawa jenis stick sunscreen, bentuknya padat bisa langsung diusap ke wajah dan badan.

 

Siap mendaki gunung?

Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Tinted Sunscreen untuk Lindungi Kulit dari Sinar Matahari
Artikel Selanjutnya
Tips Merawat Wajah Ala Wanita Korea Saat Travelling
: