Sukses

Beauty

Saran Dokter Kulit: Jenis Skincare yang Baik Digunakan di Cuaca Panas

Fimela.com, Jakarta Pernah mengeluh dengan skincare harian yang digunakan mendadak mulai membuat kulit terasa tidak nyaman? Jika jawabannya adalah "Ya, pernah", saran FIMELA coba perhatikan dengan baik dan lebih teliti tentang ingredients skincare yang kita gunakan. Bisa jadi, waktu penggunaannya yang tidak tepat. Skincare yang sebaiknya digunakan di malam hari, juga diaplikasikan di wajah di waktu pagi. Hasilnya, kulit akan mengeluh dengan memberi tanda seperti: warna kulit memerah, perih (terbakar), bahkan kulit bisa terlihat gelap. 

Q: Bagaimana dengan skincare yang dikatakan "skincare ini dapat digunakan pagi dan malam hari"?

A: Pengalaman tim beauty FIMELA, kami mencoba menggunakan skincare tersebut di pagi dan malam hari. Dari percobaan selama beberapa hari, jika skincare tidak menimbulkan masalah di kulit, tidak masalah. Kita bisa tetap melanjutkan aplikasi skincare di hari berikutnya. Namun, jika menimbulkan rasa tidak nyaman di kulit, perhatikan dengan teliti, di waktu kapan skincare itu bekerja tidak sesuai dengan fungsinya. Tim FIMELA pernah mencoba skincare yang memiliki kandungan bersifat "healing". Beberapa kali menggunakan skincare tersebut, dipastikan, di siang hari kulit terasa tidak nyaman, namun di malam hari, tidak ada keluhan yang terjadi pada kulit. 

Q: Adakah catatan khusus untuk ingredients skincare yang sebaiknya digunakan hanya di waktu siang daripada malam hari dan sebaliknya, khususnya untuk skincare yang berlabel "dapat digunakan from AM to PM"? 

A: Untuk skincare dengan label "It's good for AM to PM", dari pengalaman FIMELA, khususnya untuk skincare yang bersifat agresif, seperti anti-aging, eksfoliasi, dan mencerahkan, disarankan oleh ahli dermatologi untuk digunakan hanya di malam hari. Mengapa? Digunakan di waktu siang, skincare bersifat agresif biasanya tidak bersahabat dengan paparan sinar UV. Untuk memudahkan kita, jika menemukan formula seperti Retinoid, AHA (glycolic dan lactic acid) dan BHA (salicylic acid) (sejenis bahan eksfoliator yang bersifar chemical), Hydroquinone dan Kojic Acid,--nah, lebih baik gunakan skincare ini di malam hari. 

Q: Di siang hari? 

A: Untuk siang hari, ahli dermatologi menyarankan pakai skincare yang mengandung antioksidan. Skincare ini memiliki kelebihan untuk menangkal paparan negatif sinar UV. Lainnya, temukan ingredients seperti, vitamin E, vitamin C, retinol, ferulic acid, Glycerin dan red tea. Keenam ingredients itu dianggap paling baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Sesuaikan tiap ingredients dengan jenis kulit wajah. Untuk kulit sensitif, sebaiknya hindari kandungan vitamin C, karena akan memicu iritasi pada kulit ketika berpaparan dengan sinar UV. 

Q: Berdasarkan review tim beauty FIMELA, adakah rekomendasi skincare yang aman dan nyaman digunakan di siang hari? 

A: Tentu. Dari toner, serum, hingga moisturizer, lihat pilihan produknya di bawah ini. Pilihan skincare ini aman dan nyaman digunakan di siang hari, bahkan di tengah panas matahari sekalipun.