Sukses

Beauty

Atasi Jerawat Hingga Cuci Baju, Ada 7 Cara Brilian Penggunaan Minyak Lavender

Fimela.com, Jakarta Sejak dahulu kala essential oil sudah dipakai sebagai ‘pemain utama’ untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak lain karena kandungan antiseptik dan anti-inflamasi di dalamnya. Dan bila harus memilih satu jenis essential oil yang harus kita miliki, it must be lavender oil. Manfaatnya segudang, dan poin plusnya adalah membantu relaksasi tubuh dan pikiran. Bisa dibilang lavender oil sangat multifungsi, bisa dipakai dengan 7 cara brilian ini.

Mengatasi Jerawat

Sama seperti tea tree oil, lavender oil bekerja dengan kandungan anti-bakteri untuk menuntaskan jerawat. Bedanya, lavender oil bekerja lebih ringan. Pakailah sebagai spot treatment dengan cara mencampurnya dengan minyak kelapa (berperan sebagai carrier oil)) lalu tepuk-tepuk perlahan pada bagian kulit yang bermasalah dengan cotton bud.

Sebagai Diffuser

Untuk mendapat efek relaksasi lavender oil, cara terbaik adalah menghirup aromanya. Bisa dengan menggunakan diffuser. Caranya, masukkan 10 tetes lavender oil pada diffuser, dan biarkan aromanya menyerebak ruangan. Best used in nighttime as bedtime ritual. Aroma lavender yang menenangkan bantu cepat tertidur.

Penguapan Wajah

Masukkan lavender pada rutinitas kecantikan buat diri ini jauh lebih rileks. Cobalah dengan melakukan penguapan wajah menggunakan lavender oil. Campur dengan sweet orange, geranium, dan tea tree oil untuk beri kesan wajah lebih bercahaya.

Kompres Dingin

Sedang demam? Lavender oil juga bisa dipakai untuk mengompres suhu tubuh yang panas. Caranya, teteskan lavender oil ke handuk basah. Lalu, taruh handuk di plastik dan diamkan di kulkas selama satu jam. Pakai handuk yang sudah didinginkan itu untuk mengompres dahi atau ditaruh di belakang leher. Aroma dan dinginnya akan bantu mempercepat penyembuhan.

Untuk Mandi

Sangat lelah sepulang bekerja, mandi saja dengan berendam di air yang sudah ditambahkan Epsom salt dan 10 tetes lavender oil. Sangat rileks, seolah semua lelah kita langsung menguap begitu saja. Feel so good!

Melembapkan Kulit Tubuh

Sebenarnya sudah banyak body lotion dengan aroma lavender. Kalau tidak punya, bisa buat sendiri. Campur saja shea butter tanpa aroma dengan 20 tetes lavender oil (plus, minyak kelapa jika ingin efek yang super melembapkan). Oleskan di seluruh tubuh, and see how happy your skin will be.

Menyegarkan Cucian Baju

Bahkan lavender oil bisa menambah aroma segar pada cucian baju kita. Tambahkan saja 10-20 tetes ke dalam cucian kita di mesin cuci. Tapi ingat, essential oil lavender tidak baik untuk pakaian dalam, pastikan pakai hanya untuk mencuci pakaian luar.

Loading