Sukses

Beauty

Teknik Complexion Makeup Tidak Disarankan untuk Tutupi Flek Hitam

Fimela.com, Jakarta Ada flek hitam di kulit wajah? Uhm, perempuan mana yang tidak akan terganggu. Meski ukuran kecil dan berjumlah sedikit, tetap saja membuat tidak percaya diri. 

Ada lagi efek yang ditimbulkan dari flek hitam ini. Bangun tidur di pagi hari, kita merasa panik melihat wajah yang tidak fresh. Ritual makeup yang singkat, mendadak durasinya berubah. Dari hitungan menit, bisa lebih dari 1 jam. 

Ritual makeup yang berlangsung lebih dari 1 jam itu biasanya disibukkan oleh tahap complexion makeup yang terdiri dari; primer, bb cream atau foundation dan concealer. But fyi, solusi menyamarkan flek hitam menggunakan makeup ini adalah salah. Mengapa? 

Faktor penyebab munculnya flek hitam di kulit wajah, umumnya; jerawat (noda bekas jerawat) dan paparan negatif sinar UV.

Sebaiknya hindari pemakaian makeup berlebih ketika kulit berjerawat. Aturan yang sama pun berlaku untuk flek hitam. Flek hitam yang muncul akibat bekas jerawat, memerlukan ruang untuk bernapas. Jika flek hitam terlalu sering ditutupi oleh concealer dan dilapisi lagi oleh foundation, pori-pori kulit akan tersumbat. Akibatnya, dapat memicu jerawat baru muncul, atau jerawat yang sudah berubah menjadi flek hitam, dapat berkembang kembali menjadi jerawat. 

Solusi terbaik?

>> Disiplin menjaga kebersihan kulit wajah: Double cleansing di malam hari, sebelum tidur. 

>> Memberi tambahan nutrisi untuk kulit di pagi dan malam hari: Menggunakan skincare sesuai tipe kulit wajah. Menggunakan masker,--sheet mask, jenis masker wajah yang praktis jika tidak ingin ribet membersihkan wajah dengan air setelah tahap masker selesai.

>> Sunscreen is a must: Pernah mengeluh flek hitam sulit dibersihkan dari kulit, meski sudah menggunakan skincare atau obat penghilang bekas jerawat? Penyebabnya salah satunya, bisa jadi karena kita tidak teratur menggunakan sunscreen. Pelindungi kulit dari paparan sinar UV ini pun dapat bekerja melindungi kulit dari debu dan polusi. Tapi, perhatikan lagi ketika menggunakan sunscreen. Karena tidak semua sunscreen dilengkapi oleh teknologi "anti-pollution protection", 

>> Pola hidup sehat: Menjaga makanan dan minuman,--hindari minuman soda dan yang mengandung pemanis buatan. Kurangi mengonsumsi makanan pedas. Last but not least, tidur minimal 6-8 jam. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading