Sukses

Beauty

Pentingnya Melembapkan Kulit Wajah, Beri Manfaat Berlimpah

Fimela.com, Jakarta Mungkin masih banyak perempuan Indonesia yang belum paham betapa pentingnya kelembapan kulit. Alasannya, karena cuaca panas membuat kulit mudah sekali berminyak sehingga mereka berpikir melembapkan buat wajah semakin berminyak. Padahal, anggapan itu keliru. Semua jenis kulit, baik itu kering dan berminyak, membutuhkan kelembapan – yang pastinya tidak hanya didapat dari dalam tubuh (banyak minum air putih), tapi juga dari luar berupa rutinitas skincare dengan memakai produk-produk yang melembapkan. Kulit lembap adalah tanda kulit bahagia, yang artinya membawa beragam kebaikan seperti berikut.

Menjaga Kulit Awet Muda

Ketika kulit lembap, maka kulit menjadi lebih kenyal dan kencang. Dengan kata lain, kulit lembap mampu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Keterkaitan antara kelembapan dan keriput ada pada skin barrier (lapisan pelindung kulit) yang berfungsi menjaga tingkat kelembapan kulit. Semakin bertambah usia, kekuatan skin barrier semakin berkurang, yang membuat kulit jadi lebih mudah rusak dan berujung pada keriput. Untuk itu, memakai moisturizer harus rutin dilakukan setiap hari agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Melindungi Kulit dari Dampak Buruk Lingkungan

Perhatikan, ketika berada di cuaca dingin (bahkan sekadar di dalam ruangan ber-AC) kulit jadi kering dan pecah-pecah. Alasannya, ketika suhu tubuh dingin, maka tubuh akan menciptakan panas. Kondisi ini membuat pembuluh darah menyempit, sehingga kulit tidak mendapat kelembapan yang dibutuhkannya. Alhasil kulit menjadi kering. Itulah mengapa, penting memakai moisturizer yang super melembapkan saat berada di suhu dingin.

Tidak Membuat Kulit Berminyak Semakin Berminyak

Merasa kulit sangat berminyak? Mungkin kulit kurang kelembapan. Kulit dehidrasi akan memberikan sinyal kepada kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak agar tingkat kelembapan kulit luar tetap terjaga. Jadi jangan heran mengapa kulit berminyak bisa jadi lebih sangat berminyak. Kondisi seperti ini dapat berakibat pada tersumbatnya pori-pori, sehingga memunculkan jerawat. Moisturizing is definitely a must for oily skin. Pilihlah jenis moisturizer berupa lotion ketimbang cream.

Mengurangi Penampakan Bekas Jerawat

Wajah yang baru saja dilembapkan pasti terlihat berkilau, just like a piece of glass, yang membuat bekas jerawat jadi tak begitu nampak. Bahkan ada jenis tint moisturizer yang mampu meratakan warna wajah. You should look for this if you have stubborn blemishes.

Memberi Efek Menyenangkan

Tidak berlebihan bila menyebut melembapkan kulit dapat mengurangi stress. Because it feels great! Bayangkan, sehabis mandi air hangat, kelembapan kulit wajah dan tubuh pasti terkikis. Saat mengoleskan pelembap, menikmati aroma wanginya, sadar tidak sadar tubuh dan pikiran jadi lebih rileks.

 

Untuk kelembapan maksimal, berikut langkah-langkah skincare yang perlu dilakukan:

Cleanser

Setelah menghapus makeup dengan cleansing oil atau micellar water, lanjutkan mencuci wajah dengan facial foam yang mampu memberi dan mempertahankan kelembapan kulit seperti Senka Perfect Whip. Busa yang dihasilkan sangat berlimpah dan melembapkan karena diperkaya dengan Hyaluronic Acid dan White Silk Cocoon Essence.

Toner

Kembalikan pH kulit, sekaligus mengangkat sisa-sisa kotoran dengan toner. Yang terpenting, dapat memberi kelembapan kulit. Cobalah toner dengan kandungan air mawar seperti Mamonde Rose Water Toner. Mengandung 90,89% air mawar, toner ini menyejukkan dan melembapkan, sehingga cocok dipakai untuk meredakan kemerahan pada kulit sensitif.

Sheet Mask

Pemakaian sheet mask dapat membantu beri kelembapan lebih pada kulit. Bahkan sheet mask bisa dipakai setiap hari, atau kapan saja kulit terasa kering. Pilih sheet mask dengan kandungan essence atau serum aktif seperti Mediheal. Ada 8 varian Mediheal sheet mask yang bisa dipilih sesuai kondisi kulit, yaitu N.M.F Aquaring Ampoule Mask EX (menambah kelembapan yang melimpah), I.P.I Lightmax Ampoule Mask EX (mencerahkan sekaligus pertolongan pertama setelah terpapar sinar matahar), Teatree Care Solution Essential Mask EX (menenangkan kulit stress dan iritasi), Collagen Impact Essential Mask EX (memberikan kelembapan), P.D.F AC-Dressing Ampoule Mask EX (mengatasi jerawat), H.D.P Pore – Stamping Black Mask EX (mengencangkan pori-pori dan mengontrol sebum), dan Vita Lightbeam Essential Mask EX (mencerahkan).

Serum

Untuk manfaat melembapkan, cobalah innisfree Green Tea Seed Serum. Hadir dengan formula yang mengandung 16 asam amino dan konsentrasi 3,5 lebih tinggi, serum ini akan memberi kelembapan optimal pada kulit. Serum ini merupakan boosting serum, yang artinya dapat dipakai setelah mencuci muka. Jika sedang malas atau buru-buru tidak sempat pakai berlapis-lapis skincare, serum ini dapat dijadikan one-step-skincare.

Essence

Jangan kaget dulu bila essence dipakai setelah serum. Karena faktanya Laneige memiliki Water Bank Essence yang dapat dipakai setelah serum. Berbeda dari essence pada umumnya yang bertekstur cair seperti air, Laneige Water Bank Essence memiliki tekstur berupa lotion. Sudah hadir untuk dua jenis kulit, Water Bank Essence Hydro untuk kulit berminyak dan Water Bank Essence Moisture untuk kulit kering, essence ikonik Laneige ini menggunakan Green Mineral Water (hasil rendaman sayur dan buah-buahan di air laut dalam) yang mampu menghidrasi dan mengunci kelembapan.

Moisturizer

Untuk moisturizer, apapun jenis dan kandungannya pasti sangat menghidrasi. Perlu diingat, pilihlah moisturizer sesuai jenis kulit. Namun jika ingin melembapkan sekaligus mencerahkan kulit, cobalah Goodal Green Tangerine Moist Cream. Moisturizer berbentul gel-cream ini sangat ringan dipakai dan memiliki kandungan green tangerine dari Pulau Jeju yang kaya akan vitamin C dengan fungsinya sebagai antioksidan dan mampu mencerahkan kulit.

Artikel Selanjutnya
Review: L’Occitane Verbena Collection